GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Mengenal Algoritma dari Google dan Macam-Macamnya

Mengenal Algoritma dari Google dan Macam-Macamnya
Google memiliki algoritma penting yang harus dipelajari oleh seorang blogger. Menjadi seorang blogger tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak sekali hal-hal yang harus dikuasai supaya bisa menjadi seorang blogger yang professional. Salah satunya adalah teknik SEO yang menjadi hal penting dalam dunia blogger. Bila kamu tidak menguasai teknik yang satu ini, tentu akan sulit untuk menjadi seorang blogger yang professional.

Apa itu algoritma?

Dalam ilmu matematika dan komputer, algoritma adalah langkah-demi-langkah untuk melakukan penghitungan. Algoritma digunakan dalam penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran yang dilakukan secara otomatis. Algoritma adalah metode efektif yang diekspresikan sebagai bagian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah dibuat sebelumnya dengan baik.

Dalam menjalankan sebuah blog juga ada kaitannya dengan algoritma Google yang dapat mempengaruhi blog yang kamu jalankan. Terdapat beberapa dampak baik positif maupun negatif untuk para blogger dengan adanya algoritma Google. Terdapat berbagai macam jenis algoritma dengan fungsinya masing-masing. Algoritma tersebut akan berpengaruh pada kondisi blog milik kamu.

Beberapa tugas algoritma yang sering kamu jumpai seperti mengecek keaslian dari sebuah artikel apakah menjiplak artikel milik orang lain atau tidak, mengatur kecepatan blog, apakah situs artkel tersebut layak atau tidak, dan masih banyak fungsi lainnya. Hanya saja kamu belum memahami berbagai macam fungsi yang ada di dalamnya.

Algoritma dari Google juga tidak boleh kamu remehkan. Bilamana kamu tidak mampu memahaminya, maka blog milik kamu akan sulit mengalami perkembangan. Beberapa hal lain yang sering terjadi seperti situs kamu tidak akan berada di halaman pertama Google, artikel akan sulit terindex Google, dan masih banyak yang lainnya. Sangat penting untuk kamu dalam memahami sebuah algoritma.

Macam-Macam Algoritma Google dan Dampaknya Untuk Blogger

Google Panda Algorithm

Salah satu jenis algoritma dari Google yang memberikan dampak untuk para blogger adalah Panda. Jenis algoritma yang satu ini sangat membantu para blogger dalam menjalankan blog yang dibuat. Jenis algoritma yang satu ini mengalami update pada tahun 2011 yang memiliki sasaran tindakan kejahatan seperti konten duplikat, web spam, kata kunci yang diualang, dan lain-lain.

Untuk sistem kerja dari algoritma Panda yaitu menilai skor kualitas dari suatu halaman dimana terdapat quality score. Skor ini digunakan sebagai faktor peringkat pada mesin penelusuran. Pada awalnya, Panda belum menjadi bagian dari algoritma Google, namun pada tahun 2016 Panda resmi menjadi algoritma inti Google.

Penguin Algorithm

Jenis algoritma yang selanjutnya adalah Penguin. Bagi kamu yang belum tahu algoritma yang satu ini, Penguin bekerja pada link yang tidak relevan dan juga anchor text yang terlalu di-optimasi. Algoritma penguin dirilis pada tahun 2012 oleh Google yang menjadikan keamanan dalam menjalankan blog lebih terjamin.

Cara kerja dari algoritma Penguin yaitu untuk menurunan peringkat situs yang dianggap manipulatif. Penguin bekerja secara langsung terhadap kendala yang ada pada situs sebuah blog ataupun website. Bilamana terjadi masalah akan langsung ditindak lanjuti dengan menggunakan algoritma yang satu ini.

Hummingbird Algorithm

Pada bulan Agustus tahun 2013, Google telah melakukan update algoritma, yakni Hummingbird. Algoritma yang satu ini bekerja pada masalah keyword surfing dan konten yang memiliki kualitas rendah. Apabila terdapat konten yang memiliki kualitas rendah akan terdeteksi secara langsung oleh algoritma Hummingbird.

Cara kerja Hummingbird yaitu membantu Google dalam menginterpretasikan kueri penelusuran yang lebih baik. Selain itu, Hummingbird juga dapat membantu orang yang akan menelusuri sesuatu yang diinginkannya. Apa yang dicari oleh penggunanya akan ditampilkan secara cepat oleh algoritma Hummingbird.

Pigeon Algorithm

Algoritma Google juga mengalami update terbarunya yaitu pada tahun 2014 dengan memunculkan Pigeon. Algoritma yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting, yakni fokus masalah kualitas onpage dan offpage yang kurang teroptimasi (SEO).

Cara kerja algoritma yang satu ini yaitu mempengaruhi penelusuran dimana lokasi pengguna memainkan bagian besar dan penting. Pigeon dapat menciptakan sebuah hubungan yang lebih erat antara algoritma lokal dan inti. Untuk penggunaan SEO tradisional sekarang hanya digunakan untuk memberikan peringkat hasil secara lokal saja.

Mobile Algorithm

Salah satu jenis algoritma Google yang memiliki fungsi sangat penting yaitu Mobile. Jenis algoritma yang satu ini dirilis pada tahun 2015, dimana Mobile dapat bekerja sebagai aksebilitas website pada perangkat mobile dan tidak adanya versi mobile. Pembaruan algoritma yang satu ini memastikan bahwa web page yang ramah seluler.

Cara kerja dari algoritma yang satu ini yaitu memastikan bahwa website ramah seluler atau mobile friendly. Disini akan menjadikan web page berperingkat atas dalam penelusuran melalui perangkat seluler. Web page yang tidak dioptimalkan juga akan difilter untuk disingkirkan ke halaman berikutnya dari SERPs.

RankBrain Algorithm

Pada tahun 2015, Google merilis algoritma RankBrain yang memiliki fungsi guna mengatur kekurangan fitur pendukung query yang spesifik, konten dangkal dan user experience yang buruk. Bilamana hal itu ada pada blog atau website milik kamu, maka Google akan mendeteksi secara otomatis.

RankBrain merupakan sistem pembelajaran mesin yang dapat membantu Google dalam memahami berbagai hal di balik query. Bahkan Google menganggap algoritma yang satu ini sangat penting dimana kamu bisa mengoptimasi website sesuai denga algoritma Google yang satu ini.

Possum Algorithm

Pada tahun 2016, Google juga merilis algoritma yang dapat menentukan soal penempatan kompetisi sesuai dengan lokasi yang lebih sepesifik dengan yang ditargetkan. Possum, dapat memberikan hasil yang lebih bervariasi dan inovatif pada lokasi yang dilakukan oleh orang-orang dalam melakukan penelusuran.

Bilamana semakin dekat dengan alamat bisnis, maka akan semakin besar kamu bisa melihat antara hasil lokasi yang muncul pada Google. Algoritma yang satu ini juga bisa menghasilkan algoritma yang lebih besar. Seperti halnya kamu menuliskan “hewan kelinci” pada kolom pencarian. Nantinya algoritma akan membantu penelusuran lainnya seperti “hewan kelinci angora, hewan kelinci imut, dan lain sebagainya”.  Seperti itu fungsi dari algoritma Possum di dalam Google.

Fred Algorithm

Algoritma yang rilis pada tahun 2017 ini fokus pada soal ketipisan konten dan juga affiliate yang terlalu banyak dan berpusat pada iklan yang ada di dalamnya. Algoritma Fred menargetkan website yang melanggar pedoman yang sudah ditetapkan oleh Google. Beberapa website yang terkena dampak dari algoritma yang satu ini adalah blog yang memiliki konten dengan kualitas rendah.

Selain itu, untuk website atau blog yang berkualitas rendah juga dapat dikecam oleh Google karena sudah melanggar aturan yang sudah ditentukannya. Sangat penting bagi kamu yang memiliki sebuah website ataupun blog agar tidak melakukan tindakan kecurangan karena akan terdeteksi secara otomatis oleh Google.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai jenis algoritma Google yang bisa berdampak untuk blog atau website. Dampak positif dan juga negatif bisa didapatkan, semua tergantung bagaimana pengguna blog atau website dalam menangani hal ini.

Jangan sampai kamu melakukan tindakan kecurangan dalam membangun sebuah website ataupun blog. Hal ini dikarenakan ada algoritma Google yang mampu mendeteksi secara otomatis para pengguna Google.

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu, terimakasih.

Referensi:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Algoritme
  • Sumber gambar: freepik.com/fullvector
Baca Juga
Faaris Muda
Memiliki minat pada IPTEK membuat saya tertarik untuk menulis informasi yang saya miliki di blog milik saya sekaligus menyalurkan hobi menulis.

Postingan Serupa

1 comment

  1. All the information you have provided here is useful for us thank you for sharing here
    Samsung Wholesale

    ReplyDelete