GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9
Bookmark

8 Teknik SEO Onpage Terbaru 2020 untuk Blogger

8 Teknik SEO Onpage Terbaru 2020 untuk Blogger
Berbicara mengenai dunia blogging memang sangat menyenangkan karena ngeblog merupakan aktivitas yang menurut saya itu keren. Kegiatan blogging ini memang sudah lama ada dan memiliki banyak tujuan, ada beberapa blogger yang memang memiliki tujuan mencari pendapatan atau penghasilan, keperluan bisnis hingga sekedar berbagi informasi bermanfaat di internet. Nah, dari semua tujuan itu jelas dibutuhkan teknik atau skill sendiri agar blog bisa bersaing di SERP (Search Engine Results Pages), mengingat jumlah situs blog atau website di tahun 2020 ini sangatlah banyak. Persaingan yang begitu tinggi dan kamu harus bisa mencapainya sendiri.

Nah, pada kesempatan yang indah ini saya akan berbagi informasi menarik kepada kamu semua mengenai 8 teknik SEO terbaru yang bagus untuk kamu terapkan di blog baru maupun di blog lama, secara umum tutorial ini sudah banyak dibahas di internet oleh para blogger dan saya harap dengan adanya artikel ini kamu jauh lebih mudah memahaminya kembali. Jadi, tunggu apalagi, silakan simak dan pahami dengan baik 8 teknik SEO terbaru di tahun 2020 untuk blogger.

Teknik SEO Terbaru untuk Blogger di Tahun 2020

Teknik SEO Terbaru untuk Blogger di Tahun 2020

1. Kata kunci pada judul artikel kamu

Salah satu teknik SEO yang menurut saya masih jarang di perhatikan oleh para blogger ketika menulis konten artikel adalah melupakan kata kunci pada judul artikel mereka.

Padahal, penggunaan kata kunci ini sangat diperlukan untuk memberikan sinyal kepada robot Google agar lebih mudah melakukan perayapan dan kemudian dilanjutkan ke proses indexing. Proses ini membutuhkan kata kunci yang seharusnya ada di judul artikel kamu, maka dari itu jangan pernah lupa untuk memberikan kata kunci di judul artikel kamu.

Tips dari saya dalam penggunaan kata kunci adalah selalu memakai kata kunci long tail keyword dengan tujuan lebih mudah bersaing di internet, mengingat saat ini kompetitor benar-benar sulit untuk dikalahkan karena di dominasi oleh situs-situs besar. Nah, mungkin ini adalah cara terbaik bagi kamu untuk menulis konten secara maksimal.

2. Penggunaan meta tag seo

Tips terbaru yang berikutnya adalah pengunaan meta tag SEO yang sebenarnya juga sudah lama ada, maksud dari saya disini adalah hindari penggunaanya yang tidak terlalu penting seperti meta tag geo, lokasi, atau author dan beberapa meta tag yang sebenarnya tidak memiliki pengaruh langsung terhadap index mesin pencari, penggunaan meta tag dengan jumlah banyak malah akan menghambat render halaman blog dan pada akhirnya sulit untuk diakses banyak pengunjung di internet.

Nah, penggunaan meta tag SEO itu yang paling bagus ada dua, pertama meta tag deskripsi dan meta tag keyword yang jelas akan menambah kemudahan bagi robot crawl Google untuk melakukan perayapan.

3. Gunakan link internal dan link outbound

Kemudian yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan disini adalah penggunaan link internal dan link outbound (link keluar) yang dimaksudkan sebagai teknik SEO onpage.

Teknik SEO satu ini memudahkan proses indexing pada halaman blog lain yang mungkin masih ada hubungannya dengan konten yang kamu bahas, selain pengunjung bisa mendapatkan informasi yang lebih mendalam, blog kamu juga akan mendapatkan dampak positif yaitu rekomendasi dari Google untuk semua pengunjung yang mencari kata kunci artikel kamu. Ini menarik dan sudah membuahkan hasil bagi para blogger diluar sana, meskipun teknik ini sudah lama ada namun tetap ampuh sampai sekarang ini.

4. SEO pada gambar dan media lain

Hal terpenting pada saat kamu membuat konten artikel SEO, jangan pernah melupakan yang namanya SEO untuk gambar dan beberapa media yang kamu pakai. Contoh, pada saat kamu membuat artikel tutorial, maka sematkan beberapa media seperti gambar, infografis dan video sebagai sarana untuk mendukung teknik SEO kamu di internet serta tidak lupa beri alt dan title pada gambar tersebut.

Fungsi dari penggunaan SEO dari gambar ini akan memudahkan gambar pada blog di indeks mesin pencari dan pengunjung bisa mengunjungi blog kamu melalui media tersebut meski artikel belum ada di halaman pertama Google, cara ini memang unik karena sebagian besar blogger belum tahu penerapannya.

5. Pakai backlink berkualitas tinggi

Teknik SEO yang tidak kalah penting untuk kamu terapkan pada blog baru atau blog lama kamu adalah penggunaan backlink dengan kualitas yang tinggi.

Backlink ini memiliki peranan penting yang menandakan bahwa blog kamu direkomendasikan oleh situs yang memiliki page rank tinggi di luar sana, ini bisa menjadi bukti kalau situs kamu benar-benar bermanfaat dan memberikan banyak hal positif terhadap pengunjung internet.

Maka dari itu, bangunlah backlink dengan berbagai cara yang ada seperti membangun backlink dari situs dengan page rank yang tinggi, kemudian bangun backlink dari media sosial, forum,  situs 2.0, dan masih banyak lagi cara yang lainnya.

6. Lakukan guest blog

Teknik SEO sederhana yang jarang sekali dilakukan oleh banyak blogger pemula padahal menghasilkan adalah guest blog, dengan melakukan hal ini kamu bisa juga mempromosikan konten artikel di SERP dengan leluasa, terlebih lagi kalau blog ingin mendapatkan banyak kunjungan dari situs tersebut.

Contoh guest blog yang masih laris manis sampai sekarang ini adalah dari situs viva.co.id, kamu tidak perlu menuliskan konten artikel di situs tersebut dan hanya cukup memberikan link artikel kamu kepada situs Viva, jika setelah review dirasa cocok maka situs kamu akan tampil di halaman blog Viva dan kemungkinan besar akan mendapatkan kunjungan drastis. Menarik dan tentunya keren untuk dilakukan.

7. Gunakan heading H1–H5

Teknik SEO lain yang terbilang sudah lama ada namun masih layak untuk dipakai sampai detik ini adalah penggunaan H1–H5 yang benar-benar berbobot untuk memaksimalkan SEO di blog kamu. Pasalnya, banyak blogger yang sudah menerapkan cara ini pada artikel mereka sehingga lebih berbobot dibandingkan tidak sama sekali, khususnya untuk blog baru sangatlah perlu.

Penggunaan heading ini bertujuan untuk menaruh keyword tertentu di dalam artikel yang nantinya bisa mendapatkan sinyal dari Google untuk proses indexing, meskipun cara ini sudah lama ada, namun masih banyak digunakan hingga saat ini. Silakan dicoba.

8. Perhatikan penggunaan template blog

Terakhir dari saya mengenai teknik SEO yang wajib kamu lakukan adalah mengoptimasi template blog kamu agar lebih maksimal di SERP, terutama support untuk semua gadget dan perangkat yang dipakai para pengunjung untuk berkunjung ke blog kamu.

Maksud dari template blog yang SEO friendly ini adalah template yang mudah untuk diakses banyak perangkat dan memberikan banyak fitur menu yang bisa diakses secara maksimal oleh banyak pengunjung blog.

Nah itulah beberapa hal penting yang perlu kamu pahami mengenai teknik SEO terbaru yang bisa membawa kemudahan untuk para blogger dalam mengembangkan blog mereka di SERP. Terimakasih.

Sumber gambar: freepik.com/freepik
Posting Komentar

Posting Komentar