GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Cara Mudah Meraih Peringkat 1 di Google untuk Pemula

Cara Mudah Meraih Peringkat 1 di Google
Berbicara mengenai peringkat 1 Google merupakan hal yang sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan, tetapi kalau kamu mau menerapkan hal ini dan mencapai kesuksesan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Berdasarkan beberapa pengalaman dari blogger sukses di luar sana, mencapai peringkat satu bukanlah hal yang sulit. Karena menurut mereka, Google itu pandai dalam menentukan parameter sebuah blog dan artikel yang layak masuk di halaman pertama mereka.

Tidak menutup kemungkinan, setelah kamu membaca dan menerapkan tips dari saya bisa langsung mendapatkan page one. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan kepada kamu secara lengkap tentang cara mudah meraih peringkat satu Google yang mudah dan cepat, tanpa harus memakai teknik blackhat SEO atau mengeluarkan banyak uang. Kamu hanya perlu konsisten, berkomitmen tinggi dan sabar. Penasaran seperti apa cara mudah mendapatkan peringkat 1 Google? Silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Tips Mudah Mendapatkan Page One di Google SERP

Sudah banyak tutorial untuk mendapatkan halaman 1 Google, terutama artikel-artikel yang ada di internet. Berbagai macam cara sudah diberikan, hanya saja untuk mencari yang lebih efisien itu cukup sulit. Saya tahu, menulis bukan menjadi keahlian kamu satu-satunya.

Cara Mudah agar Blog berada di Page One Google

Tidak perlu membuat banyak artikel dalam waktu yang singkat, cukup buatlah 1 konten artikel SEO dengan pembahasan yang sempurna, maka Google bisa dengan mudah menempatkan konten kamu di halaman 1 mereka. Silakan kamu pahami beberapa cara yang sudah saya terapkan dibawah ini.

Kualitas blog sangat menentukan

Hal pertama dan penting untuk kamu pahami dengan baik, sebelum mencapai peringkat 1 Google, ada baiknya kamu menganalisa terlebih dahulu kualitas dari blog kamu. Apakah sudah cukup layak untuk mendapatkan rank 1 Google? Apalagi dengan keyword yang cukup singkat.

Blog yang bagus untuk mendapatkan rank 1 Google itu harus terdiri beberapa hal seperti umur blog, jumlah backlink yang didapatkan, kriteria atau topik di dalam blog dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini penting untuk kamu pahami, karena banyak dari kita yang kemudian menyalahkan diri sendiri karena gagal untuk mendaptkan rank 1 Google. Memang benar, konten adalah segalanya, namun kalau tidak didukung dengan kualitas blog, itu sama saja bohong.

Saran pertama dari saya, kalau kamu ingin mendapatkan peringkat satu Google. Pastikan kualitas blog benar-benar mumpuni baik dari segi umur dan jumlah backlink yang didapatkan. Sudah pasti, blog baru untuk mendapatkan peringkat 1 Google itu cukup berat, jika bisa terjadi maka hanya sementara saja.

Ketahui jenis konten yang kamu buat

Kedua, untuk mendapatkan peringkat satu Google, pastikan kamu paham betul jenis konten yang nantinya kamu buat untuk mengisi artikel. Tidak semua kriteria blog bisa berkompetisi dengan baik. Sebagai contoh saja, konten yang pembahasan berita secara umum sudah dikuasai oleh situs-situs besar, hal ini jelas cukup sulit untuk kamu yang memiliki blog personal dan memilki mimpi untuk mendapatkan rank 1.

Sebaiknya kamu memikirkan kriteria lain yang masih sedikit pembahasannya, selain itu konten yang masih sedikit dibahas, masih memiliki kesempatan bagi kamu untuk masuk ke rank 1 Google.

Lakukan riset kata kunci dengan baik dan benar

Tahap ketiga kalau ingin mendapatkan peringkat 1 Google dengan maksimal, lakukan riset keyword atau kata kunci untuk bahan pembuatan artikel SEO. Menulis konten, tetapi tidak memakai keyword, maka cukup mustahil untuk mendapatkan page one dengan mudah.

Riset keyword itu penting untuk mengetahui volume pencarian setiap bulannya, contoh kalau kamu mengetikkan keyword “corona“, jelas ada jutaan artikel yang sudah membahasnya. Namun berbeda, kalau kamu menuliskan keywordcara terhindar dari virus corona“, masih banyak orang yang mencari konten seperti itu, ditambah lagi peluangnya masih cukup tinggi untuk kamu ambil. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk bisa melakukan riset keyword atau kata kunci dengan baik dan benar.

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan cukup mudah, silahkan masuk saja ke Google Keyword Planner, ini merupakan tools gratis yang diberikan oleh Google kepada penayang Adword. Beruntung kalau kita bisa mengaksesnya dengan cukup mudah tanpa biaya.
  2. Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail kamu, pastikan akun Gmail Google bukan dari Yahoo.
  3. Setelah kamu berhasil melengkapi data diri dari akun Gmail, berikutnya kamu masuk ke tools keyword planner.
  4. Ketikkan pada menu pencarian kata kunci, kamu bisa mengetikkan secara lengkap / spesifik maupun sederhana.
  5. Silahkan klik enter, secara langsung keyword planner akan menampilkan daftar kata kunci secara lengkap dengan jumlah volume pencarian harian.
  6. Selesai.

Penulisan konten di dalam blog kamu

Tahap berikutnya untuk mendapatkan rank 1 Google adalah memperhatikan struktur penulisan konten artikel yang ada di blog kamu. Kamu tidak bisa sembarangan menulis artikel, menulis artikel SEO itu tidak sama seperti menulis cerpen atau novel. Ada beberapa struktur dimana kamu meletakkan keyword dan menganalisa kerapatan keywordkeyword density“. Berikut ini adalah penulisan struktur konten artikel SEO yang baik dan benar.

  1. Usahakan untuk kapasitas artikel yang kamu ketika adalah 800–1000 kata, saya menyarankan ini karena komposisi keyword jauh lebih banyak dibandingkan konten dengan kapasitas 500 kata saja.
  2. Pada tahap kedua, tulislah judul yang tepat, mengandung kata kunci namun tetap terlihat normal. Contoh “Cara agar terhindar dari virus corona“.
  3. Selanjutnya pada tahap pengetikan diawal, paragraf pertama harus berisikan kata kunci yang sudah kamu terget. Masuk beberapa paragraf ke bawah, isikan H2 sebagai sub judul “ini cara mudah agar kamu tidak tertular corona“, misalnya.
  4. Berikan lagi kata kunci yang kamu target dan isikan pembahasan secara lengkap, usahakan untuk tetap terlihat natural meskipun kamu menempatkan keyword di sana.
  5. Idealya untuk jumlah keyword adalah 1000 kata itu ada setidaknya 2–5% saja, jangan berlebihan dan tidak boleh sedikit juga. 
  6. Tahap berikutnya, berikan H3–H5 sesuai dengan keyword dan tetap harus natural.
  7. Jika sudah, pada bagian tengah artikel bisa kamu berikan “Related post“ atau konten artikel lain untuk daftar bacaan kepada pengunjung.
  8. Tahap paling akhir, dibagian footer post diberi keyword kembali.
  9. Selesai.

Nah, kalau kamu sudah berhasil menerapkan hal ini. Selamat karena saya pastikan konten artikel kamu bisa naik di halaman 1 Google. Pastinya dibutuhkan usaha dan kerja keras yang tinggi. Selanjutnya, kamu bisa langsung submit artikel ke webmaster.

Sampai disini dulu konten artikel dari saya, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kamu. Terimakasih.
Sumber gambar: freepik.com/freepik
Related Posts
Faaris Muda
Memiliki minat pada IPTEK membuat saya tertarik untuk menulis informasi yang saya miliki pada blog Faaris sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

1 comment