GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9
Bookmark

Teknik SEO untuk Mengembangkan Blog di SERP

Teknik SEO untuk Mengembangkan Blog di SERP

Berbicara mengenai teknik SEO (Search Engine Optimization) memang bukanlah hal yang mudah, khususnya untuk kamu yang masih baru terjun ke dunia blogging. Dibutuhkan banyak pemahaman, agar blog yang nantinya kita buat benar-benar bisa mendapatkan posisi terbaik di SERP (Search Engine Result Page).

Berdasarkan banyak pengalaman dari para blogger, teknik SEO yang mereka terapkan pada blog tidaklah serumit yang kita baca di konten-konten artikel pada umumnya. Mungkin kalau kamu menyimak artikel lain di luar sana, ada yang memberikan tutorial blackhat SEO hingga white hat SEO, tergantung cara pandang kamu. Apakah kamu ingin cara instan atau bertahap namun pasti.

Nah, pada kesempatan yang indah ini, saya ingin berbagi pengalaman kepada kamu semua khususnya para blogger pemula tentang 4 teknik SEO yang masih tetap saya pegang sampai detik ini. Meskipun sudah termakan zaman, banyak situs besar yang sudah ada beberapa langkah di depan kita memanfaatkan cara instan karena memang memiliki modal. Kalau kamu tidak memiliki modal lebih, ada baiknya pakai cara di bawah ini, selain aman dan benar, kamu akan merasa puas jika suatu saat blog kamu menghasilkan. Penasaran seperti apa tipsnya? Coba simak penjelasan dari saya di bawah ini.

4 Teknik SEO untuk Mengembangkan Blog di SERP

  • Bangunlah backlink karena ini penting sekali untuk blog

    Perlu kamu ketahui, teknik backlink ini sebenarnya sudah sangat usang dan familiar di dengar oleh banyak blogger. Bahkan, pakar SEO sekalipun juga sudah memberikan penjelasan lengkap tentang teknik yang satu ini. Hanya saja, penyampaian kurang sederhana sulit untuk dipahami oleh blogger pemula. Padahal backlink ini sebenarnya hanya tautan balik yang diberikan oleh situs lain “page rank tinggi“ ke situs kita yang masih baru. Apa sih tujuannya dari membangun backlink ini? Ada banyak sekali.

    • Meningkatkan kepercayaan Google terhadap situs kamu
    • Mampu bersaing dan berkompetisi dengan blog SEO lainnya
    • Salah satu teknik SEO onpage yang masih sukses sampai detik ini
    • Salah satu tips SEO yang di perankan oleh jasa optimasi SEO

    Kamu bisa mencari backlink ini di beberapa tempat, syaratnya mudah. Kamu harus bisa mengetahui jenis backlink bagus dan rendah, berdasarkan dari status DA PA blog yang kamu tuju. 2 contoh situs yang memberikan backlinkDofollow“ terbaik menurut saya adalah Viva.co.id dan Academia.edu.

  • Pahami pembuatan link building di blog kamu

    Teknik SEO yang berikutnya adalah membangun link building yang benar-benar bermanfaat untuk optimasi pada blog. Apa sih itu link building? Sebuah link yang sengaja di buat untuk membangun datangnya baclink dan merupakan salah satu teknik SEO offpage yang sampai detik ini masih berlaku.

    Contoh link building yang ada di dalam konten artikel adalah, pertama kamu membuat artikel dengan kapasitas 1000 word, di dalamnya ada beberapa keyword yang sengaja kamu berikan link ke artikel lain. Setelah proses pembuatan artikel ini selesai dan langsung publish, cobalah untuk submit ke webmaster. Nah, pada saat webmaster merayapi halaman postingan kamu yang baru, secara langsung robot Google juga akan merayapi link yang kamu buat di beberapa keyword tadi.

    Sayangnya, kamu tidak bisa meyematkan banyak link sekaligus di dalam artikel, minimal 2 artikel saja. Ini yang perlu kamu pahami dengan baik. Jangan menyematkan link yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan blog kamu. Sebenarnya, cara kerja dari link building ini masih mirip dengan backlink, kalau artikel lain dirayapi maka blog kamu juga akan dirayapi atau istilahnya “dofollow: mengikuti“.

  • Promosi konten dengan simpel atau sederhana

    Teknik SEO berikutnya yang bisa kamu coba disini adalah mempromosikan konten dengan cara yang lebih simpel dan sederhana. Kalau selama ini banyak blogger yang memiliki modal besar, maka itu beruntung karena bisa dengan cepat mempromosikan situs blog kamu. Kalau kamu yang tidak memiliki dana, mungkin promosi sederhana bisa kamu terapkan. Apa sih tujuan dari promosi konten ini?

    • Menyebarluaskan konten kamu ke banyak pembaca
    • Mencari pengunjung tetap dengan cara membaca artikel kamu
    • Mendapatkan backlink dari forum tertentu “Jika beruntung“
    • Agar konten kamu bisa bermanfaat untuk orang lain

    Teknik mempromosikan konten in cukup banyak, kamu bisa memakai media sosial seperti facebook, twitter, dan juga beberapa forum tertentu yang ada di internet. Saran dari saya, jangan terlalu sering melakukan spam promosi di media sosial karena dampaknya akun bisa dibanned terutama akun media sosial kamu.

  • Penulisan konten yang benar-benar maksimal

    Teknik SEO lainnya yang bisa kamu terapkan dengan baik adalah penulisan konten. Menulis artikel bisa saya katakan gampang-gampang susah, tidak semua orang bisa menulis konten dengan maksimal. Kebanyakan dari mereka semua lebih suka memesan jasa artikel karena kesibukan di dunia nyata. Nah, tips dari saya untuk kamu yang ingin menulis konten artikel SEO, pastikan ada beberapa elemen yang perlu kamu pahami disini. Silahkan lihat dibawah ini.

    • Riset keyword: Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menulis konten artikel. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dengan benar. Tools yang biasa saya pakai untuk riset seperti Google Planner.
    • Ide konten: Kemudian, jika riset sudah kamu lakukan dengan baik, menentukan ide penulisan konten ini penting agar artikel yang kamu buat bisa disampaikan dengan mudah.
    • Perhatikan struktur: Tahap berikutnya yang perlu kamu pertimbangkan dengan baik adalah struktur dari pembuatan artikel. Tidak mudah menentukan struktur artikel, pertama kamu harus paham tata letak kata kunci dan kedua penempatan judul yang benar-benar tepat.
    • Perhatikan H2 – H5: H2 dan H5 ini merupakan sub judul yang biasanya disematkan untuk memberikan sinyal tambahan kepada crawl Google agar lebih banyak mengindeks kata kunci yang ada diblog kamu.

    Nah, kalau kamu sudah paham beberapa elemen penting yang ada di atas, saya rasa konten artikel kamu sudah bisa dikatakan SEO. Tetapi ingat, konten SEO belum tentu alami dan natural, pembaca butuh konten yang mudah dipahami, jadi usahakan untuk menulis konten SEO dengan mempertimbangkan penggunaan keyword yang natural. Ini penting untuk kamu kuasai dengan baik.

Nah, sampai disini dulu tips dari saya mengenai teknik seo yang bisa memaksimalkan pengunjung blog kamu di SERP google. Masih banyak tips lainnya yang perlu kamu kuasai jika ingin menjadi seorang blogger profesional. Sampai disini dulu artikel kita saat ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu dan kita semua. Sekian dan terimakasih.
Sumber gambar: freepik.com/pikisuperstar
Posting Komentar

Posting Komentar