GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Cara Mudah Memaksimalkan Konten SEO untuk Blog Baru

Cara Mudah Memaksimalkan Konten SEO untuk Blog Baru
Penerapan Search Engine Optimization (SEO) dalam sebuah blog berpengaruh besar terhadap perkembangan blog itu sendiri. SEO terdiri dari dua jenis, yang pertama SEO Onpage dan juga SEO Offpage. Kali ini akan di bahas mengenai bagaimana tips mengoptimalkan SEO Onpage pada blog kamu.

SEO Onpage adalah proses mengoptimalkan setiap halaman blog kamu untuk mendapat peringkat tinggi di halaman mesin pencari (SERPS). SEO Onpage berkaitan dengan judul, deskripsi, URL dan konten yang ada di blog kamu. Untuk melakukan teknik SEO Onpage, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini. Pastikan kamu melakukannya secara maksimal sehingga hasilnya akan memuaskan.

Penerapan Konten Artikel SEO pada Blog Baru

Penerapan Konten Artikel SEO pada Blog Baru
Beberapa teknik SEO Onpage yang akan dijelaskan memang sudah bukan rahasia lagi. Tapi keampuhannya masih dipercaya mampu meningkatkan peringkat blog.

  • Utamakan konten yang berkualitas

    Konten yang berkualitas akan sangat membantu dalam penerapan SEO Onpage. Karena pada dasarnya bagian ini yang menjadi hal utama yang ada di sebuah blog. Utamakan konten yang dibuat merupakan konten asli buatan kamu bukan hasil menjiplak dari konten blog lain.

    Konten yang dimaksud adalah teks artikelnya, gambar, infografis dan lain sebagainya. Gunakan konten yang berhasil dibuat hanya untuk blog kamu, jangan sekali-kali mengunggahnya di platform lain. Itu akan berakibat terdeteksinya duplikat yang akan berdampak buruk terhadap blog kamu. Saat kamu menambahkan gambar ataupun video, tambahkan beberapa teks yang berkaitan dengan konten kamu, bisa deskripsi ataupun kata kunci.

  • Perhatikan judul blog dan meta deskripsi

    Dalam proses indexing, mesin pencari akan membaca segala sesuatu yang ada di blog kamu mulai dari judul blog, meta deskripsi, judul artikel hingga isi kontennya. Mesin pencari melakukan hal tersebut untuk mengalanisa tentang isi blog kamu, kemudian data analisa itu digunakan untuk menentukan peringkat blog kamu di mesin pencari mereka. Peringkat blog nantinya berhubungan dengan konten-konten yang ada di blog. Jadi tidak semua konten akan berada di halaman yang sama satu sama lainnya.

  • Format konten yang benar

    Ketika membuat sebuah konten atau artikel, kamu harus memperhatikan formatnya, ini berkaitan dengan penggunaan heading. Umumnya, judul akan menggunakan tag H1 kemudian dilanjukan dengan tag H2 untuk subheading, H3 dan seterusnya. Berikan tanda bold pada bagian yang dirasa penting harus diketahui oleh pembaca. Ini sedikit akan menarik perhatian para pembaca untuk terus membaca konten kamu. Kemudian berikan tanda italic pada teks yang menggunakan bahasa asing (jika konten kamu berbahasa Indonesia). Itu akan lebih membuat konten kamu lebih menarik untuk dibaca, mesin pencari juga suka jenis konten yang memiliki format yang benar.

  • Tambahkan gambar yang sesuai

    Memang benar, sebuah konten artikel akan lebih menarik ketika memiliki gambar. Tujuan dari penambahan gambar adalah untuk sedikit menjelaskan mengenai isi kontennya. Sehingga pembaca akan lebih mudah dalam memahaminya. Namun kamu harus mengoptimasi gambar-gambar yang ditambahkan, bisa dengan mengecilkan ukuran agar tidak mempengaruhi kecepatan akses blog. Sangat disarankan untuk menggunakan gambar milik sendiri. Tambahkan juga tag ALT, nama gambar yang sesuai dengan kata kunci dari konten tersebut.

  • Menggunakan struktur URL yang baik

    Struktur URL ternyata menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam teknik SEO Onpage. Kamu bisa menambahkan judul atau kata kunci utama pada struktur URLnya. Sebagai contoh, URL https://namablog.com/teknik-seo-onpage-terbukti-ampuh lebih disukai mesin pencari dibanding dengan https://namablog.com/p?123. Oleh karena itu kamu bisa menyesuaikan hal ini sebelum mempublikasi konten yang dibuat.

  • Melakukan riset kata kunci

    Untuk bisa membuat konten berstandar SEO, melakukan riset kata kunci menjadi hal yang perlu dilakukan. Hal ini berguna untuk mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari oleh pembaca. Sebagian pemula banyak melakukan kesalahan dengan membuat konten hanya dengan menebak-nebak kata kunci saja.
    Riset Kata Kunci pada SEMrush
    Melakukan riset kata kunci pada tools SEMrush dengan kata kunci Tips SEO
    Ketika melakukan riset, kata kunci yang akan didapatkan akan sesuai dengan data yang berasal dari mesin pencari. Ini juga banyak dilakukan oleh pakar SEO dan blogger-blogger berpengalaman. Melakukan riset sebelum membuat konten juga membantu agar tidak merasa kehabisan ide. Beberapa tools premium sangat direkomendasikan untuk mencari kata kunci seperti SEMRush, Ahrefs, dan lain sebagainya. Tools ini berguna untuk melihat tingkat pencarian hingga analisa pesaing.

  • Temukan kata kunci utama dan yang terkait

    Setelah mendapatkan kata kunci, langkah selanjutnya adalah memilih kata kunci dengan jumlah pencarian tinggi namun persaingannya rendah. Kata kunci ini akan digunakan sebagai kata kunci utama dari artikel yang akan dibuat. Kemudian tentukan Latent Semantic Indexing (LSI), ini merupakan kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci utama tadi. Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama dengan menggunakan tools premium.
    Hasil Riset Kata Kunci Tips SEO
    Hasil riset kata kunci
    Langkah yang harus dilakukan adalah hanya perlu memasukkan kata kunci utama kemudian akan muncul kata kunci yang berkaitan (Related keywords). Lokasinya bergantung pada tools premium yang digunakan. Untuk yang kedua bisa menggunakan Google, masukkan kata kunci dibagian pencarian, otomatis akan ada banyak keyword terkait yang muncul. Masukkan kata kunci tersebut menyebar di seluruh isi konten.

  • Tulis judul posting blog yang efektif

    Penulisan judul sangat penting dalam persaingan di mesin pencari. Judul yang baik membuat konten akan mudah ditemukan oleh pembaca. Selain itu, penulisan judul juga mempengaruhi agar pembaca mau mengklik konten yang telah dibuat. Judul yang baik adalah judul yang mencantumkan kata kunci utamanya. Sangat disarankan untuk membuat judul yang menarik sehingga membuat pembaca tertarik untuk mengklik. Teknik penulisan judul harus benar- benar dipelajari karena tidak sekedar menambahkan kata kunci pada judul konten.

  • Membuat internal link

    Saat blog sudah terisi banyak konten yang memiliki kata kunci yang berkaitan, langkah selanjutnya adalah membuat internal link. Dengan ini, pembaca akan disuguhkan konten lain yang akan membuat mereka penasaran. Cara ini juga berguna agar konten yang kurang besaing di mesin pencari bisa mendapatkan pembaca. Buat internal link secara manual karena lebih efektif dan akurat. Internal link juga menjadi salah satu ciri dari konten SEO.

  • Tambahkan gambar dan video ke posting blog kamu

    Mesin pencari sepeti Google ternyata menyukai konten yang memiliki gambar. Konten seperti ini tidak akan membuat pembaca merasa bosan, gambar juga akan membuat konten semakin interaktif. Namun harus diperhatikan, gambar yang digunakan harus bebas hak cipta. Penggunaan gambar berhak cipta bisa membuat blog deindex karena pelaporan dari pemilik gambar. Tak perlu khawatir, ada beberapa website yang menyediakan gambar secara gratis dengan kualitas yang bagus. Jika memiliki keahlian atau tim yang mahir dalam hal desain, buatlah gambar unik untuk konten tersebut.

Sekian informasi dari saya mengenai tips seo untuk memaksimalkan konten khusus blog baru. Terimakasih.
Related Posts
Faaris Muda
Memiliki minat pada IPTEK membuat saya tertarik untuk menulis informasi yang saya miliki di blog milik saya sekaligus menyalurkan hobi menulis.

Related Posts

Posting Komentar