GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9
Bookmark

Cara Menentukan Ide Konten Artikel yang Populer dan SEO

Cara Menentukan Ide Konten Artikel yang Populer dan SEO
Menulis konten artikel untuk blog memang tidak semudah yang kita bayangkan, bagi mereka yang sudah ahli bidangnya, mau menulis 10 artikel per hari sekalipun bukanlah hal yang sulit. Lantas bagaimana dengan kamu yang masih pemula? Apakah cukup sanggub untuk menulis konten artikel dalam waktu yang singkat. Nah, pada kesempatan yang indah ini saya ingin berbagi informasi menarik kepada kamu tentang tips mudah menentukan ide konten artikel yang populer dan pastinya cukup SEO untuk blog baru.

Tahapan menulis artikel itu bukan sekedar menyusun kata dan kemudian upload saja, tetapi harus melalui berbagai pertimbangan seperti riset keyword dan penentuan judul konten yang tepat. Silakan langsung saja simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama.

Tips Menentukan Ide Konten Artikel yang Populer dan SEO

  • Cari tahu kategori blog kamu dengan baik

    Tahap pertama yang bisa kamu lakukan adalah melihat dan memahami dengan baik kategori blog kamu sebenarnya tentang apa. Coba kita ambil contoh, kategori blog kamu adalah kesehatan dan kamu ingin menulis artikel tentang dunia kesehatan. Hanya saja, informasi yang kamu miliki cukup terbatas, besar kemungkinan tidak valid untuk para pembaca. Bagaimana cara mengatasinya? Mudah sekali, sekarang kamu bisa mencari dan mengumpulkan beberapa blog yang membahas kesehatan secara lengkap. Kamu lihat disana pastinya banyak sekali artikel kesehatan mulai dari tips hingga informasi sehat lainnya. Baca dan kumpulkan artikel tersebut, menariknya disini kamu bisa merangkum isi artikel dari beberapa blog kategori kesehatan untuk dijadikan 1 artikel berkualitas dengan bahasa kamu sendiri.

    Nah, itulah yang dinamakan mencari ide kategori blog yang baik untuk bahan artikel. Cara ini masih banyak diterapkan oleh sebagain besar blogger, terutama mereka yang tidak memilik jurnal atau buku untuk menulis konten. Sisi terbaiknya, kamu bisa merangkum dari berbagai sumber blog menjadi satu artikel dengan bobot yang tinggi. Ini yang disukai oleh Google dan pembaca. Baca juga 6 kategori blog yang ramai dikunjungi.

  • Gunakan tools seperti Google Trends untuk menentukan konten artikel

    Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menentukan ide konten artikel adalah mencari judul dari Google Trends. Google Trends adalah sebuah algoritma Google yang menyajikan informasi berupa keyword/topik konten yang banyak dicari oleh seluruh orang baik secara lokal “Indonesia“ maupun global.

    Intinya, kata kunci yang paling banyak akan dimasukkan ke dalam posisi tren di Google. Nah, kalau kamu cukup yakin ingin membuat artikel berdasarkan Google Trends, ingat kembali kategori blog kamu membahas tentang apa. Kalau kategori berita, jelas ini adalah hal yang mudah untuk kamu dapatkan. Silakan disesuaikan terlebih dahulu dengan kategori blog masing-masing.

  • Berdasarkan hal yang sedang viral

    Mencari ide konten yang populer di internet itu sangat mudah kalau kamu sudah tahu hal-hal viral. Contoh saja sekarang Indonesia sedang marak wabah Covid-19, nah itu bisa dijadikan bahan topik artikel, jika kategori blog kamu adalah kesehatan, maka bicarakan pada sisi medis dan kesehatan. Jika blog kamu tentang finansial, coba bicarakan dampaknya terhadap ekonominya.

    Banyak hal yang bisa kamu jadikan topik konten, tergantung dari kamu dalam menentukan judul dan keywordnya. Pastikan saja, semua konten yang kamu buat bisa di cari oleh pengunjung dengan keyword yang tepat. Contoh, teman saya bercerita pengalamannya menulis konten artikel yang berjudul “Dampak Positif dan Negatif jika Indonesia Lockdown“, siapa sangka konten dengan kapasitas 300 kata saja bisa dikunjungi banyak orang. Itulah kekuatan dari konten viral, mudah sekali populer dalam waktu yang singkat.

    Kamu bisa melakukannya dengan mudah saat ini juga. Manfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk menemukan hal-hal yang berbau viral.

  • Pakailah tools Google Keyword Planner untuk menentukan kata kunci

    Cara terbaik dari saya untuk kamu yang ingin mencari topik artikel populer dan SEO adalah memakai tools keyword planner yang merupakan tools dari Google untuk developer website dan pengiklan Google Ads. Keuntungan dari tools ini cukup banyak, pertama bisa menyaring dengan jelas keyword atau kata kunci tertentu dengan jumlah volume pencarian bulanan.

    Jika kamu menemukan keyword dengan volume bulanan mencapai 1 jutaan, hindari hal tersebut karena jelas sangat sulit untuk dicapai, biasanya keyword dengan volume tinggi sudah dikuasi oleh situs-situs besar seperti berita dan lain-lain. Pilihlah keyword dengan volume pencarian yang rendah, misal kisaran angka 1000 – 10.000 an saja. Itu sudah cukup bagus untuk kamu dalam menentukan keyword dan judul artikel.

    Langkah pertama, silakan masuk ke Google Keyword Planner, ketikkan saja di internet, kemudian login dengan akun Gmail yang kamu miliki. Setelah itu, kamu bisa langsung mengetikkan kata kunci yang ingin kamu cari. Contoh: Kesehatan – secara lengkap disana ada banyak sekali kata kunci mengenai kesehatan, pilih yang volumenya sedikit untuk dikombinasikan menjadi long term keyword. Selesai.

  • Cari bahan ide artikel dari forum dan group blogger

    Cara lama yang masih sering dipakai oleh blogger pemula namun tetap efektif adalah mendapatkan ide dari forum blogger, mereka lebih suka membahas hal-hal yang membuat bingung blogger lain, seperti yang belum lama ini mengenai breadcrumb error. Mereka berlomba-lomba membuat artikel yang tujuannya memberikan solusi kepada blogger lain, nah hal sepele seperti ini bisa kamu jadikan konten artikel dan pastinya sangat mujarab sekali. Silakan saja dicoba. Sudah banyak yang menerapkan cara seperti ini untuk mendapatkan viewer dalam waktu yang singkat.

  • Berdasarkan ide mandiri

    Terakhir, tips yang bisa saya berikan kepada kamu dalam menentukan ide konten artikel yang SEO dan populer bisa berdasarkan dengan ide yang kita miliki. Memang benar, seorang blogger harus dilatih sebaik mungkin untuk bisa menentukan ide konten berbobot dan berkualitas. Jadi, bagi kamu yang saat ini masih pemula, cobalah untuk menentukan ide konten secara mandiri dulu dan membuat judulnya langsung. Silakan langsung saja dicoba.

Sekian informasi dari saya untuk kamu semua yang ingin tahu tips penting untuk menentukan ide konten artikel yang berbobot dan SEO. Tidak semua blogger mampu melakukan hal ini, beberapa dari mereka gagal dan memilih vakum karena kesulitan membuat artikel. Beruntung, kalau kamu bertahan hingga saat ini, ayo terus berjuang dan berikan konten yang terbaik untuk para pengunjung kamu. Sekian dan terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, semoga apa yang saya berikan benar-benar bisa bermanfaat untuk kamu semuanya.
Sumber gambar: freepik.com/freepik
2 komentar

2 komentar

  • Krisna Andhita
    Krisna Andhita
    19 Juni 2020 pukul 19.47
    kadang memunculkan ide membuat postingan itu menyusahkan wkwkw, makasih infonya sangat membatu saya dalam membuat blog kedepannya akan saya praktekan .
    • Krisna Andhita
      Faaris Muda
      19 Juni 2020 pukul 19.54
      Bagian yang susah biasanya di awal bikin post, tapi kalo udah lewat bagian itu nanti ngalir sendiri gagasan tulisannya gan hehe
    Reply