GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

7 Aturan Penting yang Perlu Diketahui dalam Menulis Konten

7 Aturan Penting dalam Menulis Konten SEO
Halo sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya disini untuk membahas banyak tips yang berhubungan dengan blog. Pada kesempatan yang indah ini kita akan membahas artikel mengenai aturan penting dalam menulis konten SEO yang kurang diperhatikan oleh banyak blogger pemula maupun yang sudah lama ngeblog. Padahal konten artikel merupakan aset utama dari sebuah blog yang nantinya menjadi daya tarik sendiri untuk pengunjung dan sebagai bahan perkembangan rank Google di SERPs.

Inilah kenapa, setiap blog harus memiliki konten yang berbobot, karena jika tidak akan sulit sekali bersaing dengan blog lain di SERPs. Secara umum, menulis konten aritkel itu bisa dikatakan tidak terlalu sulit, dan akan terasa lebih mudah lagi kalau kamu benar-benar hobi dengan niche blog yang kamu geluti, dan akan terasa sulit jika niche blog yang kamu kelola tidak sejalan dengan hobi kamu.

Nah, mungkin dengan adanya 7 aturan penting dalam menuls artikel SEO ini bisa sedikit memberikan kamu pengetahuan lebih banyak seperti apa menulis artikel yang baik dan benar, khususnya untuk konten artikel blog. Karena, konten artikel yang dipakai untuk blog dengan jenis artikel lain itu sangatlah berbeda. Tidak bisa disamakan, konten artikel SEO memiliki ciri khusus yang tidak bisa di miliki oleh artikel lain. Terutama pada penggunaan keyword dan beberapa bumbu penting untuk meningkatkan ranking di SERPs Google, jadi langsung saja simak informasinya di bawah ini dengan baik-baik.

Aturan Penting dalam Menulis Konten Artikel SEO

Aturan Menulis Konten yang Baik dan SEO

1. Fokus dengan pembahasan utama

Salah satu hal yang harus benar-benar kamu pahami pada saat menulis konten artikel SEO adalah fokus dengan pembahasan yang akan kamu sampaikan kepada pengunjung. Pembahasan yang ringkas, jelas dan padat menjadi ciri utama konten artikel yang berbobot, dibandingkan artikel yang kaya akan kata-kata namun tidak mengandung isi sama sekali.

Contohnya dalam pembuatan konten yang berbobot ini harus bisa berdasarkan minat, kebutuhan dan pentingnya konten kamu kenapa harus ada di internet. Karena kalau kamu menulis konten namun tidak tahu minat dari pembaca, itu sangat sulit sekali untuk mendatangkan pengunjung. Ada baiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu agar pembuatan konten ini benar-benar fokus dengan keyword yang kamu cari, terlebih lagi banyak keyword di internet yang cukup tinggi kompetitornya. Paling tidak, kamu bisa menyaring beberapa keyword yang dirasa cukup memberikan persaingan di SERPs.

2. Jadilah diri sendiri

Menulis konten artikel SEO itu tidak bisa disamakan, artinya kamu tidak bisa seperti dengan blogger lain dengan gaya penulisan yang sama. Ada blogger yang memang sengaja membuat dirinya sama dengan blogger lain “blogger idola“ sehingga sulit sekali untuk mengembangkan secara pribadi, alhasil di beberapa optimasi tertentu merasa kesulitan karena tidak memiliki kapasitas disana.

Ada baiknya kalau kamu menjadi diri sendiri, artinya menulis konten sesuai dengan bahasa, ciri khas dan keunikan kamu sendiri. Selain terasa lebih menarik, pengunjung bisa mengenali kamu lewat gaya tulisan dengan ciri khas tersebut. Menarik dan unik pastinya, jadi yang terpenting untuk kamu sekarang ini adalah jadi diri sendiri dan jangan pernah menirukan orang lain yang belum tentu bisa kamu samai.

3. Gunakan link keluar di dalam tulisan

Menulis konten artikel memang banyak hal yang perlu di perhatikan, salah satunya yang tidak boleh terlewatkan sama sekali adalah gunakan link keluar atau biasa disebut dengan linkoutbond yang mana merupakan salah satu teknik SEO onpage yang wajib kamu pahami dengan baik.

Link keluar ini berfungsi sebagai sinyal indeks dari crawl Google yang mana pada saat kamu submit ke webmaster akan mengikutinya, selain itu link keluar ini akan memberikan referensi pembahasan yang masih berkaitan dengan konten artikel tersebut, dengan begitu pengunjung jadi semakin kaya akan informasi dan sisi terbaiknya blog kamu mendapatkan nilai plus dari mereka dan dari Google sendiri.

Bagaimana sangat menarik bukan? Bahkan cara seperti ini memang sudah lama ada, hanya saja seringkali diabaikan oleh banyak blogger di luar sana. Jadi, mulai sekarang dalam menulis konten artikel, silahkan perhatikan dengan baik penggunaan link keluar agar lebih SEO.

4. Sertakan media seperlunya

Aturan berikutnya yang tidak boleh kamu tinggalkan pada saat menulis konten artikel SEO adalah tetap memberikan media sebagai gambaran atau sarana informasi tambahan kepada para pengunjung. Media seperti gambar, infografis, dan video memiliki perananan penting untuk menambah kesan plus dari konten artikel kamu.

Jelas akan terasa jenuh ketika pengunjung hanya sekedar melihat tulisan tetapi tidak ada gambar sama sekali, saya rasa kamu menulis konten juga akan mengalaminya seperti itu. Jadi, gambar ini sangat penting, baik itu media lainnya juga yang perlu kamu sematkan kedalam artikel kamu.

5. Promosikan konten artikel kamu

Setiap kali selesai menulis, jangan ragu untuk mempromosikan konten artikel kamu lewat beberapa jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Karena dengan cara mempromosikan konten kamu seperti itu bisa mendatangkan banyak pengunjung terutama mereka yang tertarik dengan judul yang kamu buat, biasanya para pembaca akan lebih tertarik dengan judul yang mengundang rasa penasaran, jadi selain sebagai seorang blogger, kamu juga dituntut untuk menjadi seorang marketing, minimal paham seperti apa cara membuat judul konten yang banyak mengundang rasa penasaran. Lakukan hal ini untuk mendapatkan visitor atau pengunjung.

6. Menulis dengan kapasitas yang ideal

Konten artikel dengan bobot SEO yang maksimal, menurut saya itu ditentukan oleh beberapa hal. Pertama adalah panjang pendeknya konten artikel dan penerapan SEO yang ada di dalam blog kamu. Nah, ini perlu kamu lakukan untuk mendapatkan sinyal indeks di mesin pencari dengan mudah.

Contoh adalah menulis konten artikel dengan kapasitas 1000 word yang penuh dengan kata kunci, minimal kata kunci ada sekitar 5% utnuk kapasitas tersebut. Kemudian yang kedua adalah isi pembahasan yang benar-benar berbobot juga menjadi nilai plus sendiri untuk Google dalam merekomendasikan konten artikel kamu di internet.

7. Hindari kesalahan penulisan kata

Aturan terakhir dalam menulis konten artikel SEO adalah selalu hindari kesalahan dalam penulisan kata, maksud dari kesalahan kata ini seperti Typo, kata asing tidak diberi italic, kata tidak bermakna, dan beberapa jenis kata lainnya. Intinya, kata yang tidak sesuai dengan kaidah SEO dan tata bahasa yang benar, lebih baik jangan di masukkan, karena akan membuat pengunjung merasa bingung.

Nah, sampai disini dulu informasi dari saya mengenai aturan terbaik dalam menulis konten artikel SEO. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa sedikit membantu kamu dalam menulis konten artikel dengan bobot yang berkualitas. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk kamu.

Sumber gambar: freepik.com/pikisuperstar
Related Posts
Faaris Muda
Memiliki minat pada IPTEK membuat saya tertarik untuk menulis informasi yang saya miliki di blog milik saya sekaligus menyalurkan hobi menulis.

Related Posts

Posting Komentar