GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9
Bookmark

Tips SEO agar Blog Mendapatkan Banyak Pengunjung

Tips SEO agar Blog Mendapatkan Banyak Pengunjung
Meningkatkan jumlah pengunjung blog merupakan tujuan yang diharapkan oleh setiap blogger. Jika Anda baru dalam dunia blogging, Anda pasti memiliki impian yang sama. Namun, saat blog Anda sepi pengunjung atau tidak menghasilkan pendapatan, kebosanan sebagai seorang blogger mungkin akan muncul.

Dalam artikel ini, saya akan membagikan tips SEO agar blog Anda mendapatkan banyak pengunjung. Penting untuk memahami setiap poin dengan rinci dan mengaplikasikannya dengan baik.

Tips SEO agar Blog Mendapatkan Banyak Visitor

Tips Mudah agar Blog Mendapatkan Banyak Visitor

Cobalah untuk memakai template AMP

Template AMP memiliki struktur yang berbeda dengan template blog pada umumnya, jenis template ini merupakan versi baru yang sebenarnya tidak diwajibkan tetapi disarankan oleh Google untuk memakainya.

Template AMP memiliki keunggulan dari segi desain dan kecepatan loading yang kiranya 2 kali lebih cepat dibandingkan template biasa. Template AMP juga responsive desain untuk semua perangkat, terutama untuk pengguna perangkat mobile, tidak heran kalau Google menyarankan template ini untuk semua developer website. Intinya, maksimalkan penggunaan template kamu agar lebih responsive dan mobile friendly.

Jangan lupa untuk submit ke webmaster

Cara kedua untuk mendapatkan banyak pengunjung itu cukup mudah, kamu bisa submit blog ke webmaster. Ada tujuannya untuk submit blog ke webmaster, pertama mendaftarkan dan memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik dari blog tersebut, kedua agar blog lebih mudah di kenal dan di indeks Google, dan ketiga, kamu bisa dengan mudah melihat dan menganalisa informasi dari website untuk tujuan pengembangan. Dari sana, kamu bisa melakukan perbaikan blog agar perfomanya lebih maksimal.

Buatlah sebuah konten yang bermanfaat

Berikutnya agar banyak pengunjung datang ke blog kamu, jangan pernah bosan untuk menulis konten artikel dengan kualitas yang baik. Kalau kamu kesulitan menentukan ide konten, pakailah beberapa referensi situs yang ada di internet.

Contohnya seperti ini, jika terdapat 5 situs yang menduduki posisi terbaik di SERP Google, saya sarankan untuk merangkum infromasi dari ke 5 situs itu menjadi satu kesatuan konten. Itulah yang dinamakan dengan konten berkualitas, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya di bawah artikel nanti. Cara ini masih banyak dipakai oleh para blogger untuk mendapatkan banyak penunjung internet dengan mudah, bahkan pakar SEO juga melakukannya ketika tidak memiliki ide menulis sama sekali.

Akses cepat ke dalam blog

Tahukah kamu kalau seorang pengunjung itu menyukai blog dengan akses yang cepat ke dalam halaman mereka, akses cepat ke dalam blog ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kecepatan template, plugin yang ada di dalamnya dan beberapa faktor penting lainnya.

Akses cepat ke dalam blog ini memang membutuhkan perbaikan dengan baik. Hindari penggunaan widget yang dirasa kurang penting untuk memaksimalkan kecepatan situs kamu di internet, mereka yang memakai jaringan H+ yang akan merasakannya.

Buatlah desain blog kamu semenarik mungkin

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan banyak kunjungan ke dalam blog adalah memaksimalkan desain dan tampilan blog kamu. Maksud saya disini adalah jangan memakai desain blog yang terlalu mencolok baik dari segi warna dan tampilannya yang membuat mata menjadi sakit.

Perlakukan setiap pengunjung sebagai tamu spesial kamu, mereka yang merasa nyaman dengan desain blog kamu akan terus kembali untuk membaca artikel yang kamu buat. Contoh desain blog yang bagus itu meliputi penggunaan menu navigasi yang lengkap, terdapat popular post dan kategori artikel, terdapat sidebar menu yang jelas, informasi halaman post juga lengkap, footer menu juga ada dan beberapa informasi dari blog kamu.

Jangan lupakan related post

Bagi kamu yang memiliki blog, jangan lupakan fitur satu ini karena cukup penting untuk mencuri perhatian para pembaca agar terus berlama-lama di blog kamu. Cara ini banyak dipakai blogger untuk menawarkan bacaan artikel lain yang mungkin masih ada hubungannya dengan artikel yang sudah dibaca oleh pengunjung.

Selain itu juga, membuat related post ini cukup mudah, kamu bisa membuatnya bekerja secara otomatis di dalam postingan dan bawah postingan blog kamu. Cukup mudah dan simple, tetapi mampu meningkatkan page views blog kamu.

Bagikan konten ke media sosial

Tips dari saya berikutnya untuk menjaring banyak pembaca bisa dengan cara membagikan konten blog kamu ke media sosial. Tips ini sudah banyak diterapkan sejak lama dan cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Beberapa contoh media sosial yang seringkali dipakai oleh para blogger untuk mendapatkan pengunjung, misal facebook, twitter dan beberapa forum yang ada kaitannya dengan kategori blog kita. Bagaimana cara mempromosikan konten blog ke media sosial?

  1. Langkah pertama, silahkan kamu bergabung dulu dengan facebook ataupun twitter, jika sudah carilah teman sebanyak mungkin dan bergabung dengan group yang ada di dalamnya.
  2. Silahkan copy link artikel kamu dan pastikan untuk menempelnya di akun media sosial

Cara ini cukup mudah dan merupakan tutorial lama yang sudah dibagikan banyak blogger di internet.

Tambahkan media blog yang menarik

Penambahan media blog seperti gambar dan video merupakan salah satu teknik SEO yang masih banyak dipakai sampai hari ini. Blog yang memiliki konten dengan media lengkap , mampu mencuri banyak perhatian dari pengunjung untuk berlama-lama.

Tidak menutup kemungkinan, kamu akan mendapatkan banyak pengunjung loyal karena artikel kamu yang menarik dan berkualitas.

Lakukan blogwalking

Cara ini memang terkesan sudah familiar di telinga para blogger, mendatangkan banyak pengunjung dengan sistem blogwalking. Apakah ini juga termasuk ke dalam teknik SEO? Benar sekali, ketika kamu melakukan blogwalking dan kemudian si pemilik blog meresponnya secara positif, maka besar kemungkinan blog kamu akan mendapatkan backlink berkualitas dan pengunjung. Ini salah satu teknik yang masih saya terapkan untuk mendatangkan pengunjung sembari mencari backlink berkualitas.

Menjadi guest blogging

Beberapa situs berita di Indonesia selalu memberikan kesempatan kepada setiap blogger untuk menjadi penulis tamu, yang mana tujuannya untuk mendapatkan backlink dan kunjungan dari situs tersebut.

Kamu bisa mencobanya dengan cara menjadi penulis tamu di beberapa situs seperti viva.co.id, jalantikus, kompas, uc browser, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Oke, selamat mencoba dan semoga tips ini bisa berhasil untuk kamu. Sekian dan Terimakasih.
Sumber gambar: freepik.com/pch-vector
Posting Komentar

Posting Komentar