GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Panduan Memilih Template SEO dan Mobile Friendly

Panduan Memilih Template SEO dan Mobile Friendly
Minggu lalu kita sudah banyak membahas mengenai panduan membuat blog untuk pemula hingga settingan dasar yang wajib kamu ketahui. Nah, pada pembahasan berikut ini kita akan lebih mendalami seperti apa tips memilih template SEO dan mobile friendly yang bagus untuk blog kita.

Tidak semua blogger mampu memahami ini, karena sebenarnya pemilihan template termasuk ke dalam teknik SEO onpage yang perlu kamu perbaiki. Tidak semua template yang kamu gunakan memiliki paramater SEO hingga layak untuk dipakai, mungkin kamu tertarik untuk membaca dan mendalami lebih informasinya dibawah ini.

Apa itu template SEO mobile friendly?

Secara umum pengertian dari template SEO friendly ini sangatlah banyak, ada yang mengatakan kalau template SEO itu mudah sekali untuk di akses dan banyak juga yang mengatakan bahwa template SEO itu memiliki struktur data yang rapi dan ringan.

Sayangnya, tidak banyak blogger yang paham betul mengenai hal ini, beruntung kalau kamu bisa menemukan artikel saya, karena disini saya akan membahas secara lengkap untuk kamu. Mari kita lihat seperti apa panduan memilih template SEO dan mobile friendly yang wajib kamu ketahui.

Tips Mudah Memiliki Template SEO dan Mobile Friendly

  • Template dengan fitur yang lengkap dan mudah di operasikan

    Salah satu template yang bisa dikatakan SEO adalah template dengan fitur yang lengkap, maksud dari fitur lengkap disini adalah memiliki banyak menu seperti menu navigasi yang jelas, menu pada bagian sidebar dan beberapa menu lain yang sebenarnya harus ada di dalam sebuah template blog. Penjelasannya ada di bawah ini.

    • Menu header: Pada bagian ini berisikan informasi mengenai blog kamu mulai dari menu about, privacy policy, disclaimer, sitemap, dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya, pada menu ini memberikan informasi mengenai syarat dan ketentuan kepada para pembaca.
    • Menu Navigasi: Selanjutnya pada menu navigasi blog ini harus berisikan beberapa menu kategori dari blog kamu. Contoh minggu lalu kita mencoba membuat blog dengan judul “jualkaos.com“. Maka menu navigasi bisa di isi seperti: Pilihan produk, harga, testimoni, cara order, cara pemesanan, kontak, layanan pengiriman, dan masih banyak lagi yang lainnya.
    • Menu posting: Nah, pada menu posting ini nantinya adalah berisikan postingan artikel yang kamu buat setiap harinya. Idealnya untuk menu posting ini berjumlah 10 halaman sehingga banyak konten artikel yang bisa dibaca oleh setiap pengunjung.
    • Menu sidebar: Menu sidebar ini memiliki fungsi penting untuk memberikan pilihan kepada setiap pembaca atau pengunjung dalam menjelajahi blog kamu. Disana bisa diisi dengan banner maupun postingan populer.
    • Menu Footer: Pada bagian menu footer biasanya di isi informasi yang lebih lengkap tenang blog kamu, mulai dari lokasi, informasi tentang blog, tambahan menu bacaan dan masih banyak lagi yang lainnya.
    • Menu Credit: Ini memberikan informasi tentang blog kamu kepada pembaca, tahun pembuatan dan lain-lain.

    Jika blog kamu memiliki semua menu dan fitur yang sudah saya sebutkan di atas, maka sudah boleh dikatakan SEO. Mari kita lanjutkan ke poin berikutnya.

  • Kecepatan template menjadi paramater penting

    Selanjutnya, memilih template SEO bukan hanya dilihat dari jumlah menu dan fitur lengkapnya saja. Beberapa hal lain seperti kecepatan juga bisa menjadi indikator kalau template yang kamu pakai benar-benar SEO. Idealnya sebuah template yang bisa dikatakan SEO itu mampu diakses kurang dari 10 detik saja, kecepatan rata-rata yang paling umum sekitar 60–80% render semua halaman.

    Ada banyak hal yang mempengaruhi kecepatan template mulai dari penggunaan gambar, video, meta tag, konten flash dan masih banyak lagi lainnya. Nah, kalau kamu ingin tahu seperti apa mengetes kecepatan template bisa memakai tools yang diberikan oleh Google. Silakan kamu simak tutorialnya dibawah ini.

    1. Langkah pertama silakan kamu kunjungi website untuk tes kecepatan template blog kamu di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights
    2. Kemudian pada kolom analisis, silakan masukkan url blog kamu bisa memakai HTTP atau hanya www.blogkamu.com saja
    3. Setelah itu kamu bisa menekan tombol analisis
    4. Secara otomatis, google akan merender seluruh halaman blog kamu dan menampilkan skor kecepatan dalam dua versi. Pertama adalah versi mobile dan kedua adalah versi dekstop.
    5. Pahami dengan baik kekurangan dan kelebihan dari blog kamu, disana sudah jelas infomasi apa saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki kecepatan menjadi lebih optimal.

  • Test mobile friendly template blog kamu

    Memilih template SEO dan responsive juga harus paham tentang apa itu mobile friendly, secara umum pengertian dari mobile friendly ini adalah situs atau blog yang diakses dengan perangkat mobile bisa menampilkan informasi dan menu secara lengkap dan jelas, sehingga pengunjung bisa melihat dan mendapatkan informasi secara akurat dan mudah.

    Biasanya, situs-situs yang memakai template mobile friendly selalu diperioritaskan oleh Google untuk masuk di halaman 1 mereka. Tidak mengherankan, karena pengguna internet sekarang ini lebih banyak memakai perangkat mobile, sehingga mau tidak mau kamu harus bisa membuat template mobile friendly. Nah, untuk mengetest apakah template yang kamu pakai saat ini sudah mobile friendly atau belum. Coba simak tutorialnya dibawah ini.

    1. Langkah pertama silakan kamu masuk dahulu ke link google ini https://search.google.com/test/mobile-friendly
    2. Kemudian akan terdapat dua pilihan kolom yaitu URL dan KODE. Saya sarankan untuk memilih yang URL
    3. Pada bagian menu URL ini kamu bisa memasukan alamat blog kamu bisa memakai www atau http
    4. Selanjutnya, tekan uji URL untuk mendapatkan result
    5. Jika blog kamu mobile friendly, akan ada tulisan Halaman ini Mobile Friendly

  • Template tanpa konten flash

    Terakhir, kalau kamu ingin memilih template yang mobile friendly bisa mencari template yang tidak memakai konten flash, maksud dari konten flash ini adalah template yang dipenuhi dengan fitur flash sehingga membuat kecepatan aksesnya menjadi lebih berat.

    Skenario terburuknya, blog sulit diakses dan ditinggalkan pengunjung begitu saja. Sudah banyak blogger yang mengalami masalah seperti ini karena kesalahan mereka dalam membeli template. Saya berikan saran untuk membeli template di beberapa penyedia seperti Sugeng.id, Idntheme, Bamz template, Goomsite, Igniel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, sampai disini dulu informasi yang bisa saya bagikan kepada kamu tentang tips memilih template SEO dan mobile friendly yang bagus untuk akses blog kamu. Ini penting dan perlu kamu pelajari dengan baik kalau ingin memiliki blog profesional, namun kalau tidak ingin ribet, silakan beli template yang sudah memiliki semua fitur yang ada di atas. Sekian dan Terimakasih.
Sumber gambar: freepik.com/pch.vector
Related Posts
Faaris Muda
Memiliki minat pada IPTEK membuat saya tertarik untuk menulis informasi yang saya miliki pada blog Faaris sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

Post a Comment