GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Tips Membangun Blog SEO untuk Pemula - Part 2

Tips Membangun Blog SEO untuk Pemula - Part 2
Pada artikel bagian kedua ini saya akan menjelaskan secara rinci kembali kepada kamu bahwa membangun blog bukan hanya sekedar menulis artikel saja, tetapi ada komponen penting lainnya yang cukup krusial dan perlu perhatikan dengan baik. Informasi di artikel yang pertama tentang panduan membuat blog, saya sudah menjelaskan secara dasar tentang persiapan awal membangun blog dan sampai pada bagian "menentukan kategori“, tahap berikutnya ini akan lebih rinci dan pastikan kamu bisa memahami artikel ini dengan cukup baik. Silakan langsung saja di simak, tips membangun blog seo untuk pemula – Part 2. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tips Membangun Blog SEO untuk Pemula Bagian 2

  • Pemilihan template SEO dan mobile friendly

    Kualitas blog untuk sekarang ini bukan hanya ditentukan dari nama domain dan isi konten saja, melainkan dari tampilan template kamu. Semakin baik template yang kamu pakai, maka semakin profesional juga tampilannya. Google sendiri sudah menyarankan kepada banyak blogger dan pengembang web untuk memakai template yang mobile friendly, artinya adalah template yang support dengan perangkat smartphone.

    Alasan google memberikan kebijakan tersebut, tidak lain banyaknya pengunjung yang mengakses internet lebih suka memakai perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Jika template blog kamu tidak bisa diakses di perangkat mobile, maka siap-siap saja posisi blog di mesin pencari akan hilang. Coba perhatikan beberapa parameter template yang direkomendasikan Google:

    • Template SEO: Template blog yang mengandung unsur SEO baik penggunaan meta tag, penggunaan keyword di dalam tempalate dan unsur lainnya.
    • Kecepatan template: Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah soal kecepatan template. Idealnya adalah 50–99 skornya. Jika dibawah 50, maka perlu perbaikan lagi.
    • Mobile Friendly: Artinya template yang kamu pakai cukup responsive untuk bisa diakses dengan handphone (font dan tata letak rapi).
    • Fitur lengkap: Terakhir adalah mengenai fitur template harus benar-benar lengkap, mulai dari (header, sidebar, informasi menu, footer, credit, dan lain-lain).
    • Template Colour: Warna template juga menjadi penentu terbaik bagi setiap pembaca. Template yang bagus biasanya memakai warna yang tidak terlalu mencolok.

    Kamu bisa membeli template premium jika dirasa template gratisan yang ada saat ini masih belum maksimal atau tidak sesuai dengan selera kamu. Beberapa tempat membeli template dengan harga terbaik, rekomendasi saya: Igniel.com, Sugeng.id, Idntheme.com, Goomsite.com, dan Kompi Ajaib. Sebelum membeli template kamu harus mengetahui seperti apa template yang bagus, baca artikel saya tentang cara memilih template SEO dan Mobile Friendly.

  • Daftarkan blog kamu ke webmaster

    Tahap berikutnya untuk membangun blog yang SEO dan terindeks mesin pencari adalah mendaftarkan URL blog kamu di websmaster Google. Penting untuk kamu ketahui bahwa webmaster ini adalah tools gratis yang dikembangkan oleh Google untuk para developer website agar lebih mudah dalam melakukan optimasi, uji URL dan analisa kondisi website mereka agar lebih stabil dan mudah untuk ditelusuri Google.

    Salah satu keunggulan dari webmaster google adalah mempermudah indeks pada blog kamu yang masih baru sehingga bisa ditemukan oleh para pembaca. Hal ini yang terkadang sering dilupakan oleh blogger pemula pada saat membangun blog baru, mereka lupa bahwa untuk mempercepat indeks mesin pencari harus di daftarkan ke webmaster terlebih dahulu. Cara untuk daftar webmaster sebenarnya sangat mudah dan sudah banyak tutorialnya di internet.

    1. Langkah pertama silahkan kamu kunjungi situs webmaster Google.
    2. Silahkan kamu login menggunakan akun Gmail yang sudah tertaut dengan blog kamu.
    3. Kemudian masukkan alamat blog kamu baik yang memakai ekstensi http maupun https.
    4. Klik submit, secara otomatis webmaster akan melakukan verifikasi tergantung dari penempatan alamat blog di akun Gmail kamu.
    5. Selesai, sampai disini kamu sudah melakukan proses pendaftaran di webmaster dan tunggu beberapa saat sampai crawler Google selesai melakukan perayapan halaman.
    6. Perlu di ingat, bahwa robot crawl Google ini merayapi halaman blog kamu setiap jam 6–7 pagi. Artinya selalu ada sesi terjadwal dalam perayapan. Disaat itulah, waktu yang tepat untuk kamu upload konten baru untuk memasimalkan pencarian di mesin pencari Google.

  • Daftarkan blog ke Google Analytics

    Mendaftarkan Blog ke Google Analytics yang Memiliki Banyak Manfaat
    Berikutnya, untuk memaksimalkan pencarian blog. Google menyediakan satu tools gratis lagi untuk kamu yang memiliki blog baru maupun yang sudah lama ada. Tools ini memiliki nama Google Analytics atau Google Analisis yang mana bisa dipakai untuk berbagai hal, terutama optimasi SEO pada situs baru kamu. Manfaat yang diberikan dari Google Analisis ini sangat banyak dan akan kita lihat dibawah ini.

    Manfaat optimasi dengan Google Analytics

    • Mampu melihat demografi dari setiap pengguna situs kamu.
    • Mampu menganalisa jenis konten artikel yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh pembaca.
    • Mampu melihat aktivitas real time pengunjung yang sedang masuk ke website kamu dengan tampilan informasi yang lengkap dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Cara daftar di Google analisis

    1. Silakan ketikkan di Google – Google Analytics.
    2. Kemudian kamu bisa masuk dengan akun Gmail kamu.
    3. Isi informasi lengkap mengenai nama website, kategori website, dan deskripsi website, kemudian pilih negara (Indonesia).
    4. Klik save dan lanjutkan.
    5. Kamu akan mendapatkan kode tracking Google Analytics yang fungsinya akan melihat history dan monitoring website kamu di halaman Google Analisis.
    6. Tempatkan kode tersebut di dalam template, letaknya tepat diatas kode &lt;/head&gt; atau </head>.
    7. Save template. Silakan masuk ke bagian setting.
    8. Klik Lainnya, kemudian Copy kode Tracking dan save.
    9. Selesai.

    Nah sampai disini kamu sudah berhasil mendaftarkan blog kamu di Google Analisis. Jika berhasil, kamu akan menerima email baru dari pihak Google yang intinya akan meningkat index blog di mesin pencari.

  • Buat logo blog kamu

    Tips berikutnya yang paling penting disini adalah memberi ciri khas tersendiri blog kamu dengan logo baru. Pembuatan logo blog biasanya berdasarkan dengan kategori blog yang kamu buat. Kalau saran dari saya, coba order logo di beberapa jasa desain, atau jika memang kamu tidak mau mengeluarkan uang. Cukup pakai tools gratisan seperti Canva atau lainnya.

    Pastikan logo yang dibuat memiliki ciri khas sendiri sesuai dengan kategori blog yang kamu miliki. Selain logo, ada beberapa settingan penting di dalam tata letak blog kamu. Pertama, settingan favicon juga perlu di rubah agar tidak standar dan kedua tampilan halaman post lebih baik dibuat 10 saja. Sisanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Intinya jangan terlalu penuh untuk bagian halaman depan blog kamu.

Sampai disini tips dari saya untuk membangun blog seo bagi pemula. Semoga informasi ini cukup bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.
  • Sumber gambar: freepik.com/stories
  • Sumber gambar: freepik.com/vectorpocket
Related Posts
Faaris Muda
Memiliki minat pada IPTEK membuat saya tertarik untuk menulis informasi yang saya miliki pada blog Faaris sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

Post a Comment