GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9
Bookmark

Tips Membangun Blog SEO untuk Pemula - Part 2

Tips Membangun Blog SEO untuk Pemula - Part 2
Dalam artikel kedua ini, saya akan menjelaskan secara rinci kepada Kamu bahwa membangun blog bukanlah sekadar menulis artikel saja. Ada komponen penting lainnya yang cukup krusial dan perlu diperhatikan dengan baik. Dalam artikel pertama tentang panduan membuat blog, saya telah menjelaskan secara dasar tentang persiapan awal membangun blog hingga pada bagian "menentukan kategori". Tahap berikutnya ini akan lebih rinci dan harap Kamu dapat memahami artikel ini dengan baik. Berikut adalah tips membangun blog SEO untuk pemula – Bagian 2. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Tips Membangun Blog SEO untuk Pemula Bagian 2

  • Pemilihan template SEO dan mobile friendly

    Kualitas blog saat ini tidak hanya ditentukan dari nama domain dan isi konten saja, melainkan juga dari tampilan template Kamu. Semakin baik template yang Kamu gunakan, semakin profesional pula tampilannya. Google sendiri telah menyarankan kepada banyak blogger dan pengembang web untuk menggunakan template yang mobile friendly, yaitu template yang didukung dengan perangkat smartphone.

    Alasan Google memberikan kebijakan tersebut adalah banyaknya pengunjung yang lebih suka mengakses internet menggunakan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Jika template blog Kamu tidak dapat diakses di perangkat mobile, maka bersiaplah untuk kehilangan posisi blog di mesin pencari. Berikut adalah beberapa parameter template yang direkomendasikan oleh Google:

    • Template SEO: Template blog yang mengandung unsur SEO baik penggunaan meta tag, penggunaan kata kunci di dalam template, dan unsur lainnya.
    • Kecepatan template: Hal kedua yang perlu Kamu perhatikan adalah soal kecepatan template. Idealnya, skornya adalah 50–99. Jika di bawah 50, maka perlu diperbaiki lagi.
    • Mobile Friendly: Artinya template yang Kamu gunakan cukup responsif untuk dapat diakses dengan telepon seluler (font dan tata letak rapi).
    • Fitur lengkap: Terakhir adalah mengenai fitur template yang harus benar-benar lengkap, mulai dari header, sidebar, informasi menu, footer, credit, dan lain-lain.
    • Template Colour: Warna template juga menjadi penentu terbaik bagi setiap pembaca. Template yang bagus biasanya menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok.

    Kamu bisa membeli template premium jika merasa template gratisan yang ada saat ini belum maksimal atau tidak sesuai dengan selera Kamu. Beberapa tempat membeli template dengan harga terbaik menurut rekomendasi saya adalah Igniel.com, Sugeng.id, Idntheme.com, Goomsite.com, dan Kompi Ajaib. Sebelum membeli template, Kamu harus mengetahui seperti apa template yang bagus. Baca artikel saya tentang cara memilih template SEO dan Mobile Friendly.

  • Daftarkan blog kamu ke webmaster

    Tahap berikutnya untuk membangun blog yang SEO dan terindeks mesin pencari adalah mendaftarkan URL blog Kamu di webmaster Google. Penting untuk Kamu ketahui bahwa webmaster ini adalah alat gratis yang dikembangkan oleh Google untuk para pengembang website agar lebih mudah dalam melakukan optimasi, uji URL, dan menganalisa kondisi website mereka agar lebih stabil dan mudah untuk ditelusuri oleh Google.

    Keunggulan dari webmaster Google adalah mempermudah indeks pada blog Kamu yang masih baru sehingga bisa ditemukan oleh para pembaca. Hal ini sering dilupakan oleh blogger pemula saat membangun blog baru. Mereka lupa bahwa untuk mempercepat indeks mesin pencari, blog harus didaftarkan ke webmaster terlebih dahulu. Cara mendaftar webmaster sebenarnya sangat mudah dan sudah banyak tutorialnya di internet.

    1. Langkah pertama adalah kunjungi situs webmaster Google https://search.google.com/search-console/.
    2. Login menggunakan akun Gmail yang sudah tertaut dengan blog Kamu.
    3. Kemudian masukkan alamat blog Kamu baik yang menggunakan ekstensi http maupun https. 
    4. Klik submit, dan secara otomatis webmaster akan melakukan verifikasi tergantung dari penempatan alamat blog di akun Gmail Kamu.
    5. Selesai, sampai di sini Kamu sudah melakukan proses pendaftaran di webmaster dan tunggu beberapa saat sampai crawler Google selesai melakukan perayapan halaman. Perlu diingat bahwa robot crawl Google ini merayapi halaman blog Kamu setiap jam 6–7 pagi. Artinya selalu ada sesi terjadwal dalam perayapan. Saat itulah waktu yang tepat untuk Kamu mengunggah konten baru untuk memaksimalkan pencarian di mesin pencari Google.

  • Daftarkan blog ke Google Analytics

    Mendaftarkan Blog ke Google Analytics yang Memiliki Banyak Manfaat
    Berikutnya, untuk memaksimalkan pencarian blog, Google menyediakan satu alat gratis lagi untuk Kamu yang memiliki blog baru maupun yang sudah lama ada. Alat ini bernama Google Analytics atau Google Analisis yang dapat digunakan untuk berbagai hal, terutama optimasi SEO pada situs baru Kamu. Manfaat yang diberikan dari Google Analisis sangat banyak dan akan kita lihat di bawah ini.

    Manfaat optimasi dengan Google Analytics

    • Mampu melihat demografi dari setiap pengguna situs Kamu.
    • Mampu menganalisa jenis konten artikel yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh pembaca.
    • Mampu melihat aktivitas real time pengunjung yang sedang masuk ke website Kamu dengan tampilan informasi yang lengkap dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Cara daftar di Google analisis

    1. Ketikkan di Google – Google Analytics.
    2. Masuk dengan akun Gmail Kamu.
    3. Isi informasi lengkap mengenai nama website, kategori website, dan deskripsi website, kemudian pilih negara (Indonesia).
    4. Klik save dan lanjutkan.
    5. Kamu akan mendapatkan kode pelacakan Google Analytics yang fungsinya akan melihat riwayat dan memantau website Kamu di halaman Google Analisis.
    6. Tempatkan kode tersebut di dalam template, letaknya tepat di atas kode &lt;/head&gt; atau </head>.
    7. Simpan template. Masuk ke bagian pengaturan.
    8. Klik Lainnya, kemudian salin kode Pelacakan dan simpan.
    9. Selesai.

    Sampai di sini, Kamu sudah berhasil mendaftarkan blog Kamu di Google Analisis. Jika berhasil, Kamu akan menerima email baru dari pihak Google yang intinya akan meningkatkan indeks blog di mesin pencari.

  • Buat logo blog kamu

    Tips berikutnya yang paling penting di sini adalah memberi ciri khas tersendiri pada blog Kamu dengan logo baru. Pembuatan logo blog biasanya berdasarkan kategori blog yang Kamu buat. Saran saya, coba pesan logo di beberapa jasa desain, atau jika Kamu tidak mau mengeluarkan uang, cukup gunakan alat gratis seperti Canva atau lainnya.

    Pastikan logo yang dibuat memiliki ciri khas sendiri sesuai dengan kategori blog yang Kamu miliki. Selain logo, ada beberapa pengaturan penting di dalam tata letak blog Kamu. Pertama, pengaturan favicon juga perlu diubah agar tidak standar dan kedua tampilan halaman posting lebih baik dibuat 10 saja. Sisanya bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Intinya, jangan terlalu penuh untuk bagian halaman depan blog Kamu.
Sampai di sini tips dari saya untuk membangun blog SEO bagi pemula. Semoga informasi ini cukup bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.
  • Sumber gambar: freepik.com/stories
  • Sumber gambar: freepik.com/vectorpocket
Posting Komentar

Posting Komentar