GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Settingan Dasar Blogspot untuk Blogger Pemula

Settingan Dasar Blogspot untuk Blogger Pemula
Halo sahabat blogger, bertemu lagi dengan saya disini untuk membahas informasi yang berhubungan dengan tips dasar ngeblog bagi kamu yang masih pemula. Pada kesempatan yang indah ini saya akan berbagi tips menarik khususnya untuk kamu seorang blogger pemula yang ingin tahu settingan dasar pada menu Blogspot yang mungkin cukup untuk membuat kamu penasaran, beberapa settingan dasar ini diperlukan agar blog kamu bisa bersaing dengan baik di SERP (Search Engine Result Page).

Tidak menutup kemungkinan, jika blog dengan settingan dasar yang bagus lebih mudah bersaing di Google dengan cepat. Nah, beberapa informasi yang saya berikan dibawah ini sebenarnya sudah cukup umum dan banyak ditemukan di internet, hanya saja tidak semua informasi yang ada di internet benar-benar komplit, sehingga sulit sekali untuk dipahami oleh para pembaca. Dengan adanya settingan dasar ini, saya berharap bagi kamu yang terjun ke dunia blogging dan memakai platform Blogspot, bisa secara lengkap memahami dengan baik seperti apa settingan dasar untuk Blogspot itu sendiri. Silakan simak informasinya dibawah ini.

Settingan Dasar Blogspot untuk Pemula

Beberapa langkah yang akan saya berikan ini tergantung dari settingan awal ketika kamu mendaftar di Blogspot, silakan pahami dengan baik tipsnya dibawah ini.

  • Settingan pada judul blog dan deskripsi blog kamu

    Langkah pertama yang harus kamu perbaiki disini setelah membuat blog adalah settingan pada nama blog dan deskripsi blog kamu yang bisa diakses dengan masuk ke menu Blogger lalu berikan perubahan disana, Tujuan dari settingan judul nama blog dan deskripsi ini nantinya berfungsi sebagai identitas blog kamu yang baru saja dibuat, agar mudah di kenal oleh Google dan pembaca di mesin pencari. Selain itu, penentuan judul blog juga merupakan strategi SEO yang perlu kamu dalami dengan baik. Mari kita bahas dibawah ini.

    1. Langkah pertama silakan kamu masuk terlebih dahulu ke dashboard blog dengan menggunakan akun Gmail kamu.
    2. Kemudian, arahkan kursor pada bagian bawah dan pilih menu setelan dengan logo gerigi – Pilih setelan dasar – disana terdapat kolom judul dan dekskripsi – Pastikan kamu merubahnya sesuai dengan kebutuhan.
    3. Contoh: Nama Blog “Jualbaju.com“ maka deskripsi bisa dibuat “Toko Baju Online Grosiran Terbaik“ atau deskripsi lain yang mengandung kada kunci.
    4. Setelah itu, jangan lupa untuk Save atau simpan. Sampai disini kamu sudah selesai setting judul dan deskripsi blog dengan baik.

  • Settingan komentar dan postingan yang perlu kamu perbaiki

    Bagi kamu pengguna Blogspot, secara default untuk settingan komentar dan postingan sudah otomatis pilihan yang tepat. Hanya saja ada beberapa yang perlu kamu rubah disini, yaitu moderasi komentar. Jika kamu ingin semua orang memberikan komentar, maka setting menjadi semua orang, jika tidak bisa berikan opsi lainnya.

    Kemudian untuk moderasi komentar ini memiliki fungsi untuk menyaring beberapa komentar yang berbau negatif atau mengandung unsur sara, jadi kamu bisa lakukan moderasi untuk menampilkan komentar yang layak kepada pembaca.

  • Settingan bahasa dan zona waktu di Blogspot

    Langkah dasar berikutnya yang harus kamu lakukan disini adalah mensetting bahasa dari Blogspot kamu, jika kamu ingin memakai bahasa Indonesia maka pilih menu bahasa dan kemudian cari bahasa Indonesia, sedangkan untuk format zona waktu biasanya otomatis dari Blogspot, kamu pilih dan ganti menjadi zona waktu sesuai di daerah kamu. Contoh zona waktu Jakarta, Sumatera, dan lain-lainnya. Sesuaikan saja dengan zona waktu yang ada di daerah kamu.

    Sampai disini kamu sudah selesai melakukan setting pada bahasa dan format zona waktu. Berikutnya, kamu bisa langsung setting pada bagian Format Timestamp, tetapi biasanya akan otomatis mengikuti zona waktu yang sudah kamu setting diatasnya.

  • Settingan Preferensi penelusuran, ini penting agar blog bisa terindeks di mesin pencari

    Untuk settingan ini, saya harap kamu melakukannya dengan hati-hati, karena kalau salah setting akibatnya bisa fatal, skenario terburuknya blog kamu akan masuk sandbox atau tidak terindeks oleh mesin pencari. Kita mulai dari settingan meta tag deskripsi – Isi dengan deskripsi blog kamu menyajikan informasi apa. Contoh kalau tadi jualan kaos atau baju, maka isinya seperti ini “Jualkaos.com – melayani jual beli kaos grosiran standar distro dengan bahan adem. Siap kirim ke seluru indonesia“. Intinya, pada bagian ini harus kamu kata kunci yang nanti bisa terindeks di mesin pencari, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

    Selanjutnya kita masuk ke bagian Robot Txt, nah pada bagian ini kamu diamkan saja dan tidak perlu di otak-atik karena sudah settingan otomatis dari Google. Jangan sampai kamu salah setting robot Txt, karena ini tools perayap dari Google, salah setting bisa kacau nanti. Selanjutnya dibagian paling bawah, kamu akan melihat menu monetasi, ini berfungsi kalau blog kamu sudah tertaut dengan Google Adsense, jika belum bisa diabaikan dulu.

  • Settingan “Lainnya“ yang wajib kamu lihat

    Pada bagian settingan ini cukup lengkap menu dan isinya, mulai dari menu hapus blog kalau memang kamu ingin mengakhiri blog yang kamu buat dan beberapa settingan lainnya. Pertama menu hapus blog ini berfungsi untuk menghapus sementara dan permanen dari blog yang sudah kamu buat. Kemudian kamu akan melihat lagi menu feed situs, ini feed yang bisa dirayapi oleh pembaca dan Google terhadap halaman blog kamu, biasanya pada halaman postingan.

    Selanjutnya ada menu untuk konten dewasa khusus, secara umum sebenarnya Google masih bisa memberikan toleransi kepada setiap pembaca atau pengunjung untuk mengakses situs-situs yang berbau dewasa, untuk itu kalau kamu membuat situs dengan kategori dewasa bisa diaktifkan di menu ini. Sayangnya, kalau blog kamu mengandung kategori dewasa, tidak bisa mengikuti program periklanan dari Google Adsense. Namun, masih bisa mengikuti program periklanan lainnya. Menarik bukan? Selanjutnya, menu paling bawah setelah konten dewasa tadi ada menu Google Analytics yang mana ini harus di isi dengan kode Google Analytics yang kamu dapatkan pada saat submit blog ke webmaster dan Google Analytics. Nanti akan kita bahas di artikel berikutnya.

  • Settingan tata letak dan tema

    Tahap terakhir kalau semua settingan dasar sudah kamu lakukan dengan baik, berikutnya kamu bisa masuk ke settingan tata letak dan tema. Pada bagian ini kamu bisa melakukan perubahan pada tampilan situs blog kamu.

    Tata letak akan mengatur tampilan sidebar blog serapi mungkin sehingga mudah untuk diakses pembaca, sedangkan menu tema ini berisi html dan beberapa kumpulan tema standar bawaan Blogspot yang bisa kamu coba.

Nah itulah beberapa settingan dasar yang perlu kamu ketahui tentang settingan dasar Blogspot untuk blogger. Sekian dan Terimakasih.
Sumber gambar: freepik.com/freepik
Related Posts
Faaris Muda
Memiliki minat pada IPTEK membuat saya tertarik untuk menulis informasi yang saya miliki pada blog Faaris sekaligus menyalurkan hobi saya yaitu menulis.

Related Posts

Post a Comment