GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9
Bookmark

Tips Membangun Blog dari Wordpress yang Benar dan SEO

Tips Membangun Blog dari Wordpress yang Benar dan SEO
Bagi seseorang yang sudah mengetahui bisnis di dunia online, pastinya mereka menginginkan website pribadi yang dapat dikelola sendiri. Nantinya website tersebut digunakan untuk mendapatkan sumber penghasilan. Jika kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka website milik kamu akan berjalan dengan lancar dan terus berkembang pastinya.

Akan tetapi, orang-orang belum mengetahui bagaimana cara membuat website. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah dengan menggunakan Wordpress. Berikut ini adalah beberapa cara membuat website secara lengkap dengan menggunakan Wordpress.

Panduan Instal Blog Wordpress Untuk Pemula

Cara Membuat Blog dari Wordpress yang Benar dan SEO

Update Nameserver

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengupdate nameserver terlebih dahulu. Nameserver merupakan salah satu web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu. Format nameserver biasanya ditulis ns1.namaserver. Langah ini harus kamu lakukan terlebih dahulu supaya dapat berlanjut ke langkah selanjutnya.

Login cPanel

Jika sudah melakukan update nameserver, langkah selanjutnya yaitu dengan login cPanel. Di dalamnya terdapat beragam fitur yang dapat digunakan untuk membantu user untuk memanage akun hosting yang mereka miliki. Nantinya user dapat memanage beberapa spek penting diantaranya seperti FTP, backup, manajemen email, proteksi, dan lain-lain.

Install Wordpress Melalui Softacolus Installer

Jika langkah di atas sudah kamu lakukan, kemudian kamu menginstall Wordpress melalui softacolus installer. Kamu tinggal login ke hosting cPanel, kemudian pilih menu soft app installer. Bila sudah, langsung saja klik menu Wordpress dan klik install now. Isi data selengkap mungkin hingga proses instalasi berjalan dengan lancar.

Mengubah Tema Wordpress

Jika proses instalasi sudah selesai, kamu tinggal mengubah tema Wordpress sesuai dengan keinginan kamu. Kamu tinggal login akun Wordpress kemudian ubah tema sesuai dengan keinginan kamu dengan mengeklik menu themes, klik add new, dan install. Apabila sudah dilakukan, tema Wordpress akan berubah sesuai dengan jenis tema yang kamu pilih.

Membuat dan Posting Artikel di Wordpress

Langkah selanjutnya yaitu membuat dan memposting artikel. Langkah ini menjadi hal yang paling penting untuk perkembangan website milik kamu. Kamu harus membuat artikel semenarik mungkin untuk membuat para pembaca betah. Biasanya konten yang menarik akan membuat pembaca terus mengunjungi website kamu.

Untuk membuat artikel, sebaiknya dilakukan secara konsisten secara rutin. Kamu bisa membuat jadwal sesuai dengan keinginan kamu sendiri. Seperti halnya kamu setiap harinya mengupload artikel 3-5 per harinya. Yang terpenting kamu bisa melakukannya secara konsisten.

Akan tetapi, bagi kamu yang sudah menggunakan fitur auto install website Wordpress, kamu tidak perlu menginstall plugin SEO lagi. Fitur tersebut sudah menginstal plugin SEO secara otomatis. Sehingga, artikel kamu sudah otomatis terindeks oleh mesin pencari dan berkesempatan menangkring di halaman pertama Google.

Mengubah URL di Wordpress

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengubah URL Wordpress secara SEO. Jika kamu hanya menggunakan URL default, biasanya mesin pencari akan kurang menyukainya. Sehingga artikel yang kamu buat akan sulit terindeks oleh mesin pencari. Kamu bisa melakukannya di menu setting, permalink pada admin Wordpress kamu.

Install Plugin Wordpress

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan selanjutnya ialah menginstall plugin Wordpress. Hal ini bertujuan untuk mengoptimasi website kamu agar artikel yang kamu buat bisa muncul di halaman pertama Google. Sehingga, kesempatan untuk mendapatkan banyak pengunjung akan semakin besar.

Jika kamu menggunakan ketujuh cara tersebut, pastinya website yang kamu buat akan berhasil. Salah satu kunci yang harus kamu lakukan untuk menjalaninya adalah kesabaran ketika kamu gagal dalam melakukan step by step. Biasanya kamu akan langsung mengalami kendala dan seringkali masalah yang dialami membuat down para pembuat website.

Perlu kamu ketahui juga, membuat blog harus paham tentang beberapa kelebihan dari platform blog. Ada dua yang saya maksudkan disini yaitu Blogspot dan Wordpress. Silahkan lihat informasinya dibawah ini.

Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan platform Blogspot dan Wordpress yang harus kamu ketahui!

Kelebihan Platform Blogspot dibandingkan Wordpress

  • Gratis

    Kelebihan yang pertama bisa kamu dapatkan dengan menggunakan platform blogspot yaitu gratis. Kamu tidak perlu merogoh kocek sedikitpun untuk menggunakan platform yang satu ini. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut supaya menjadi blogger yang handal dan profesional. Meskipun gratis, kualitas dari blogger juga sangat baik.
  • Hosting Unlimited

    Biasanya ketika menggunakan platform lain kamu harus dikenakan biaya dalam jangka waktu yang ditentukan. Dengan menggunakan platform yang satu ini, selain gratis kamu juga akan mendapatkan hosting unlimited. Kamu tidak perlu khawatir mengenai penyimpanan database atau bandwidth yang tiba-tiba melonjak secara tiba-tiba. Pastinya kamu akan senang dengan kelebihan yang satu ini.
  • Mudah Digunakan

    Kelebihan yang selanjutnya yaitu mudah digunakan. Berbeda dengan platform lainnya, kamu akan mudah menggunakan platform blogspot karena fitur yang ada di dalamnya sangat sederhana dan juga menarik. Dengan ini, kesempatan menjadi blogger yang sukses akan semakin besar bagi kamu.
  • Template Gratis dan Beragam

    Template yang SEO Friendly juga sudah disediakan apabila kamu menggunakan platform blogspot. Kamu bisa memilih template sesuai dengan keinginan kamu, template yang sudah disediakan akan membuat kamu senang ketika mengelola blog milik kamu.

Kelebihan Wordpress dibanding Blogspot

  • Fleksibel

    Kelebihan yang bisa kamu dapatkan adalah fleksibelnya dari platform Wordpress tersebut. Desain dari platform yang satu ini sangat menarik dan tentu akan membuat kamu senang ketika menggunakannya. Tak heran jika Wordpress menjadi salah satu pilihan banyak orang.
  • Mudah Digunakan

    Sama halnya seperti blogspot, Wordpress juga sangat mudah digunakan karena fitur yang ada di dalamnya sangat sederhana. Meskipun kamu masih pemula, kamu akan mudah paham dengan beragam fitur yang tersedia. Tunggu apalagi, pilih saja Wordpress sebagai platform blog milik kamu.
  • Tidak Terpaku Peraturan

    Ketika kamu menulis sebuah konten, biasanya ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sesuai dengan standar peraturan Google. Berbeda dengan Wordpress, kamu bisa membuat konten sesuai dengan keinginan kamu. Hal ini dikarenakan platform Wordpress tidak terpaku pada peraturan Google.
  • Banyak Plugin

    Kelebihan yang selanjutnya yaitu banyak plugin di dalamnya. Plugin tersebut nantinya akan memberika keamanan yang kuat pada blog kamu supaya tidak diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Intinya, dengan Wordpress kamu bisa memaksimalkan blog untuk berkembang dengan baik.

Alasan Memilih Wordpress

Orang-orang yang ingin membangun website dengan menggunakan Wordress tentu ada beberapa alasan yang membuatnya memilih Wordpress. Berikut adalah beberapa alasan memilih Wordpress yang harus kamu tahu!

  • Cocok untuk siapa saja

    Bagi kalian yang masih pemula pun sudah bisa menggunakan Wordpress dengan mudah karena fitur yang ada di dalamnya mudah dipahami dan sederhana. Apalagi jika kalian sudah ahli, pastinya orang-orang banyak yang memilih untuk menggunakan Wordpress dibandingkan dengan yang lainnya. Meskipun kalian bukan ahli programming, suatu saat kalian akan mahir menggunakan Wordpress.
  • Komunitas besar

    Alasan yang selanjutnya yaitu wrodpress merupakan komunitas yang besar. Kalian tidak perlu ragu apabila terjadi sesuatu pada kamu ketika menjalankan sebuah Wordpress. Kalian bisa bertanya kepada semua orang di luar sana secara online melalui forum atau apapun. Pastinya kalian akan mendapatkan jawaban dengan cepat karena banyak yang menggunakan Wordpress. Perlu kalian ketahui 30% di dunia ini orang-orang menggunakan platform Wordpress.

    Platform yang satu ini merupakan salah satu pemegang market pasar terbesar di pembuat platform di dunia. Kamu bisa bergabung ke berbagai forum khusus pengguna Wordpress. Ada banyak sekali ilmu yang bisa kalian dapatkan dengan bergabungnya diri kalian ke grup yang berkaitan dengan Wordpress.
  • Tutorial banyak

    Ketika kalian bingung ingin melakukan suatu hal dengan platform Wordpress, kalian tidak usah khawatir. Ada banyak sekali tutorial mengenai Wordpress yang bisa kalian temukan dimanapun. Salah satunya melalui YouTube. Ada banyak sekali tutorial yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Dengan begitu, ilmu kalian pastinya akan semakin bertambah memperdalam tentang Wordpress.
  • Tema Beragam

    Bagi yang suka bergonta ganti tema, kalian bisa menggunakan Wordpress. Orang-orang lebih memilih menggunakan Wordpress karena banyaknya tema yang bisa dipilih. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan keinginan masing- masing. Tema yang disediakan bisa kalian dapatkan secara gratis. Meskipun gratis, tema yang ada juga tak kalah dengan beragam tema yang berbayar.
  • Plugin Melimpah

    Alasan yang paling disukai oleh orang-orang memilih menggunakan Wordpress lainnya adalah plugin yang melimpah. Salah satu plugin yang paling disukai adalah Yoast SEO. Dengan plugin yang satu ini, kalian bisa mengoptimasi SEO website dengan mudah. Selain itu, ada juga beberapa plugin yang dapat digunakan untuk menambahkan berbagai jenis tombol share, profil, dan lain-lain.

Jika kalian menggunakan ketujuh cara tersebut, pastinya website yang kalian buat akan berhasil. Salah satu kunci yang harus kalian lakukan untuk menjalaninya adalah kesabaran ketika kalian gagal dalam melakukan step-by-step. Biasanya kalian akan langsung mengalami kendala dan seringkali masalah yang dialami membuat down para pembuat website.

Jika kamu mengalami kesalahan, sebaiknya jangan menyerah terlebih dahulu. kamu bisa meminta bantuan kepada teman-teman kamu atau bertanya melalui forum. Biasanya orang yang sudah ahli akan membantu kamu memecahkan masalah yang kamu alami tersebut. Namun jika kamu berhasil, kamu jangan merasa senang terlebih dahulu, biasanya ini menjadi kesenangan kamu sementara karena belum mendapatkan banyak rintangan di dalamnya.

Nah tuntas sudah Tips Membangun Blog dari Wordpress yang Benar dan SEO. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Sumber gambar: freepik.com/freepik
Posting Komentar

Posting Komentar