GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9
Bookmark

Mengetahui Apa Saja Kelebihan Solahart

Mengetahui Apa Saja Kelebihan Solahart
Seperti yang Anda ketahui, Solahart telah hadir sejak tahun 1953 di Australia dan di Indonesia sendiri sejak tahun 1982. Solar water heater merupakan teknologi yang memudahkan manusia untuk merebus air secara praktis.

Salah satu jenis yang paling populer adalah solar water heater. Namun masih banyak orang yang masih setia menggunakan pemanas air biasa, karena merasa takut atau tidak mengerti tentang kelebihan dan kekurangan dibandingkan pemanas air biasa. Berikut tentang Apa Saja Kelebihan Solahart.

Keunggulan Menggunakan Solahart

Berikut keunggulan yang ditawarkan oleh solar water heater.

Kapasitas yang besar

Salah satu keunggulan solar water heater dibandingkan pemanas air biasa adalah kapasitas air hangatnya yang lebih besar dan praktis dalam memenuhi kebutuhan air hangat sehari-hari untuk keluarga. Tangki di water heater ini bisa menampung air lebih dari 100 ml tergantung ukuran tangki yang dipasang. Dengan begitu Anda tidak perlu bolak-balik mengisi air.

Risiko keselamatan

Hal yang membedakan solar water heater dengan solar water heater biasa adalah keamanannya. Di mana tidak akan ada unsur api atau korsleting listrik karena energi yang digunakan murni dari panas matahari. Hal inilah yang membuat banyak orang beralih karena alasan keamanan dan juga lebih ramah terhadap lingkungan.

Lebih tahan lama

Memang benar pemanas air ini lebih tahan lama dibandingkan pemanas air biasa. Hal ini dikarenakan komponen-komponen di dalamnya telah ditetapkan untuk penggunaan permanen dan jangka panjang. Mengingat pemasangannya yang langsung diletakkan di atap rumah tanpa ada pelindung apa pun. Garansi yang ditawarkan juga tidak main-main yaitu 7 hingga 10 tahun dengan beberapa garansi servis jika mengalami kendala.

Hemat energi

Salah satu hal yang dicari orang adalah produk hemat energi. Pemanas air ini memilikinya karena tidak menggunakan listrik. Dia murni menggunakan panas matahari sebagai sarana untuk memanaskan airnya. 

Tidak sembarang bisa dipasang

Hal ini diperlukan untuk memeriksa tempat atau rumah di mana pemanas air ini akan dipasang. Tidak sembarang tempat bisa dipasang, hanya yang memenuhi standar water heater yang akan lolos pemasangan.

Bentuknya besar

Karena tubuhnya yang besar, maka membutuhkan ruang yang besar pula. Apalagi pemasangannya dilakukan di bagian atap rumah sehingga membutuhkan formasi rumah yang besar dan lebar agar bisa menampung formasi water heater ini.

Teknisi khusus

Anda tidak bisa sembarangan memasang alat ini, jika tidak ingin alat tersebut rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Dibutuhkan teknisi yang mengerti bidangnya.

Penempatan yang tepat

Pastikan tempat yang dipasang mendapat sinar matahari yang tepat jika tidak maka tidak akan berfungsi. Namun kekurangan di atas hanyalah hal kecil jika dibandingkan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh solar water heater, sehingga sebaiknya Anda memasang pemanas air jenis ini dibandingkan dengan model lainnya.

Kapasitas yang besar

Keunggulan pertama dari solar water heater adalah memiliki kapasitas yang sangat besar dan dapat memenuhi kebutuhan air hangat sehari-hari untuk keluarga Anda. Tangki dalam solar water heater untuk rumah tangga biasanya mulai dari 80 liter hingga 300 liter. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan air hangat dan bisa digunakan kapan saja.

Lebih awet

Keunggulan Solar Water Heater selanjutnya adalah merupakan jenis water heater yang lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis water heater lainnya. Ini karena komponen di dalamnya dibuat untuk penggunaan jangka panjang. Mengingat pemasangannya diletakkan di atap rumah tanpa ada pelindung apapun. Garansi komponen yang ditawarkan juga tidak main-main yaitu 5 bahkan hingga 10 tahun dengan beberapa garansi service jika mengalami permasalahan.

Efisien dalam penggunaan energi 

Berikut adalah keunggulan utama yang ditawarkan oleh pemanas airtenaga matahari yaitu sangat hemat energi. Memang unit Solar Water Heater biasanya menggunakan pemanas cadangan dan menggunakan listrik, namun hal tersebut hanya dapat Anda gunakan pada saat tertentu saja misalnya saat mendung atau hujan deras jika ingin mandi air hangat. Jika di bandingkan dengan jenis Pemanasan air lain, untuk penggunaan jangka panjang tentu Solar water heater merupakan yang terhemat.

Demikian penjelasan dari saya tentang Mengetahui Apa Saja Kelebihan Solahart semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber gambar: www.freepik.com/author/upklyak
Posting Komentar

Posting Komentar