GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Seberapa Bahaya kah Deep Web?

 


Bagi penggiat IT, istilah Deep Web sudah tidak asing bagi para penikmat internet. Deep Web merupakan bagian dari protokol internet (www), hanya saja Deep Web ini tidak termasuk kedalam index publik dan tidak bisa dinikmati secara bebas. Jika diistilahkan Google, Youtube, Instagram, Facebook, dan sosial media lain merupakan sebagian kecil bagian internet terluar saja. Dan Deep Web merupakan bagian terdalam dari internet itu. Jika diibaratkan seperti sebuah bongkahan es yang terdapat pada gambar bawah ini.


Banyak sekali misteri-misteri yang belum terpecahkan di situs-situs Deep Web tersebut. Sudah banyak orang yang nekat mengakses Deep Web. Dari pengakuan mereka, rata-rata mereka menyarankan untuk jangan mengakses Deep Web hanya untuk tujuan iseng-iseng saja. Karena, banyak sekali konten yang disturbing dan tidak layak untuk dilihat.

Banyak sekali aksi perdagangan obat-obatan, persenjataan, tindakan pemalsuan data, dll. yang bisa kita temui secara bebas di Deep Web. Bahkan yang paling mengerikan ialah, di temukan nya salah satu situs Deep Web yang menawarkan jasa jual beli manusia. Tentu saja, hal tersebut menambah kengerian Deep Web tersebut.

Deep Web juga sangat berbahaya bagi kita, berikut kita jelaskan bahaya-bahaya yang mengintai jika kita menelusuri Deep Web.

1. Ancaman Virus


Berhati-hatilah dalam mengakses Deep Web, karena di setiap kita klik salah satu situs, kita tidak tahu apakah pembuat situs tersebut menyelipkan virus atau malware yang dapat membahayakan perangkat komputer kita. Dan yang lebih parah lagi, virus-virus tersebut bisa merusak komputer kita dan lebih parahnya dapat memata-matai komputer kita.


2. Pencurian Data Pribadi



Ancaman ini sama seperti ancaman virus pada komputer, namun untuk kasus ini lebih parah. Banyak orang yang sudah nekat masuk ke situs Deep Web dan mengeluh mendapat pesan misterius yang mengancam kalau informasi pribadi nya sudah tercuri. Informasi pribadi yang sudah tercuri tersebut dimanfaatkan oknum untuk memeras korban agar menuruti kemauan nya atau tidak dia akan diteror seumur hidup.

Kasus tersebut bisa terjadi jika kita mengakses Deep Web tanpa pengaman yang bernama VPN. VPN berguna untuk mengelabui IP internet agar tidak dapat terdeteksi oleh para pengguna Deep Web. Namun, tetap disarankan jangan sekali-sekali untuk mengakses Deep Web.


3. Terjebak Cyber Crime 

 

Karena di dalam Deep Web banyak sekali barang-barang ilegal yang dijual dengan harga miring, membuat para pengguna internet tergiur dengan harga tersebut. Hati-hati lah dalam membeli barang di Deep Web, karena barang-barang yang dijual di situs tersebut merupakan barang ilegal yang tidak terdaftar di kantor Bea Cukai.

Banyak orang yang sudah di ciduk petugas Bea Cukai karena membeli barang ilegal di situs tersebut. Maka dari itu, di peringatkan kembali jangan mudah tergiur dan membeli barang-barang yang dijual disitus Deep Web tersebut.

4. Penculikan

Karena banyaknya virus yang terdapat pada Deep Web, tidak menuntut kemungkinan virus tersebut dapat memata-matai perangkat komputer mu. Para pelaku dapat mengakses kamera pada perangkat komputer mu, sehingga pelaku dapat mengenali mu dan menyulikmu suatu waktu. Para pengguna Deep Web biasanya menutup kamera komputernya menggunakan lakban untuk mencegah agar tidak dimata-matai oleh pihak lain. Namun, tidak menutup kemungkinan perangkat suaramu dapat diretas dan pelaku dapat mengenalimu lewat suara mu.


Berikut penjelasan tentang bahaya dari Deep Web. Kesimpulannya ialah, jangan lah sekali-sekali kalian nekat untuk masuk ke dunia gelap internet itu. Karena banyaknya bahaya yang mengintai yang dapat membahayakan mu dan sekelilingmu.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar