GBZaKb4mDsf2d4pb32XNiDrx6XCCRy6EKLbcOCE9

Mengenal Lebih Dekat Tentang VPN

 


Halo sobat internet, pasti kalian tidak asing dengan kata VPN kan?. Masih banyak orang yang belum paham mengenai apa itu VPN beserta kegunaannya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan VPN. Semoga dengan artikel ini, kalian dapat memahami secara menyeluruh tentang bagian dari sebuah sistem internet ini.


Pengertian

Virtual protect Network atau biasa kita sebut VPN, merupakan sebuah jaringan internet yang terkoneksi satu dengan yang lainnya secara privat. Kenapa bisa disebut Virtual Network? karena, VPN ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau bisa kita sebut jaringan secara tidak langsung. Dan kata Private ditujukan bahwa VPN ini hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

Cara kerja VPN ini hampir mirip dengan fitur incognito pada chrome. Kalau fitur incognito pada chrome hanya menutupi history browser kita dari internet, VPN bekerja lebih dari itu. VPN akan membuat jalur akses internetnya sendiri, jadi tidak hanya history browser kita yang aman, namun IP Address kita juga tidak bisa terbaca. Ibarat nya kita menjelajahi dunia namun dengan tidak terlihat.

Masalah keamanan jangan di ragukan, data yang terkirim dari VPN tersebut dapat terenskripsi dengan aman jadi rahasia kita terjamin terjaga.


Fungsi 

berikut ini ada beberapa fungsi dari VPN, yaitu :

1. Confidentially


Seaman-amannya VPN, ada beberapa oknum yang mampu menyadap informasi para pengguna VPN. Maka dari itu, VPN menggunakan metode enkripsi yang bertujuan untuk mengacak data yang lewat. Dengan metode tersebut, keamanan para pengguna VPN akan terjamin aman. Disimpulkan kalau fungsi ini dimaksudkan bahwa data yang ditransmisikan hanya dapat diakses oleh orang yang berhak saja.


2. Data Integrity


Kita pasti pernah mengalami momen saat kita mengakses internet, namun data yang kita akses rusak atau hilang. Nah, di VPN ini terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data sehingga tidak akan hilang, rusak, atau di manipulasi oleh pihak lain saat dikirim sampai diterima.


3. Origin Authentication 



Saat berselancar di internet, pasti kita takut kalau semisal website yang kita klik merupakan sumber yang tidak jelas. Namun, di VPN ini mempunyai teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengautentikasi terhadap sumber dari pengiriman sampai penerimaan data atau informasi. Jadi, dapat disimpulkan jika kita mengakses internet menggunakan VPN, maka jangan takut jika informasi berasal dari sumber yang tidak jelas.


Kekurangan dan Kelebihan

Meskipun dengan canggihnya teknologi yang terdapat pada VPN, VPN tersebut masih mempunyai kelebihan beserta kekurangannya. 


Kelebihan :

1. Remote Access. Maksud dari kelebihan itu ialah, kita bisa mengakses komputer atau jaringan kantor , dari mana saja dan kapan saja asal terhubung dengan internet.

2. Keamanan VPN terjamin.

3. Dapat membentuk jaringan internet tanpa batas.

4. Tidak memerlukan Hardware tambahan sebagai IP Forwarder yang dapat menambah inventasi.

5. Dapat mengakses website internet yang terblokir.

6. Dapat meningkatkan Skalabilitas dalam penggunaannya.

7. Dengan VPN dapat memudahkan akses dari mana saja.


Kekurangan :  

1. Sinyal internet yang terkadang tidak dapat di prediksi.

2. Rawan akan penyadapan.

3. Selalu disalah gunakan bagi para pengguna internet untuk mengakses website yang tidak seonoh.

4. Tidak adanya standar yang memenuhi.


Konsep Kerja VPN

Konsep kerja yang diterapkan pada VPN ada pada alur bawah ini 

Internet <-> VPN Server <-> VPN Client <-> Client

Jadi, VPN masih membutuhkan server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Jadi, semua koneksi internet diatur oleh VPN Server sehingga di perlukan VPN Server yang memadai agar koneksi lancar. Jadi intinya, saat kita menjelajahi internet menggunakan internet namun kita merasakan lemot pada koneksi, itu semua bukan salah dari sinyal provider. Semuanya kembali lagi pada kekuatan VPN Server yang kita punya. 

Lalu, bagaimana sih proses kerja VPN ini secara rinci?. Pertama, VPN harus terkonfigurasi terlebih dahulu. Kemudian, Client harus diinstall program VPN baru setelah itu bisa dikoneksikan. Nanti, Client pada VPN akan membuat semacam koneksi virtual yang nanti akan muncul VPN Adapter Network tetapi Virtual. Apa sih tugas dari VPN Client ini? VPN Client ini bertugas untuk mengautentikasi dan enkripsi data.


Berikut penjelasan mengenai dari kami mengenai VPN. Kesimpulannya ialah, VPN diciptakan untuk mengakses internet dengan sinyal privat yang terjamin keamananya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.


Referensi Artikel : https://www.dosenpendidikan.co.id/vpn-adalah/

Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar